» » Masyarakat Desa Semin Sepakat Makan Tiwul

Wonogiri – Singkong ini merupakan bahan baku lokal yang mudah didapat di Wonogiri. Di Semin, ada kesepakatan bahwa warganya mengkonsumsi tiwul yang terbuat dari singkong setiap hari Senin dan Kamis. Dengan mengkonsumsi tiwul sebagai bahan pangan pengganti beras, warga di Desa Semin mampu menghemat rata-rata 1,5 kg beras/kk/minggu. 

 

Gubenur Jawa Tengah didampingi Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto mengunjungi Desa Semin, Kecamatan Nguntoronadi, Selasa (12/6). Desa Semin ini merupakan salah satu desa yang telah mengimplementasikan kebijakan penganekaragaman konsumsi pangan. Lewat pelaksanaan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Desa Simin menjadi salah satu yang ditetapkan menjadi Desa Mandiri Pangan. 

 

Tergabung dalam kelompok P2KP Melati, secara swadaya telah mampu memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari dari hasil pekarangan rumahnya seperti: terong, kacang panjang, kubis, tomat, dan lainnya. Selain itu mereka juga menanam tanaman obat, empon-empon, buah-buahan, dan umbi-umbian di tegalan.

 

Gubernur mengaku kagum dengan apa yang dilakukan oleh masyarakat Wonogiri ini dalam mengoptimalkan lahan pekarangannya. Selain untuk dikonsumsi, kelompok P2KP Melati juga mengelola industri rumah tangga berbahan baku hasil tanaman pekarangan seperti singkong menjadi tepung mocaf dan tepung tapioca.

 

"Ini mau saya pamerkan ke nasional. Kebun bibit rakyat dan pengolahan pangannya akan saya jadikan percontohan nasional. Ke mana pun ada even nasional akan saya sampaikan apa yang ada di dusun ini," pamer Gubernur.

 

"Saya tadi sempat tanya sama warga. Karena ada budidaya sayur ini, belanja sayur yang sehari bisa lima sampai sepuluh ribu. Sekarang uangnya bisa disimpan untuk anak-anak sekolah. Jadi hemat kan? Lombok sudah ada, cabe sudah ada. Tinggal petik lalu bikin sambel tomat. Mau masak sop, tinggal petik kobis, wortel dan semacamnya. Jadi yang perlu dibeli garam sama ikan asin saja," kelakar Gubernur yang disambut tawa para ibu rumah tangga.

 

Guberbur Jateng berharap apa yang dilakukan oleh masyakarat desa Semin bisa ditiru desa-desa lain yang ada di Jawa Tengah. Apa yang dilakukan masyarakat khususnya dalam mengolah potensi yang ada menjadi sumber untuk mencukupi kebutuhan pangan, berarti mendukung ketahanan pangan di Jawa Tengah. (Ly/Jt)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama