» » Perusahaan Tak Salurkan CSR Harus Dipidana

Bandung - Walikota Bandung Dada Rosada mengusulkan, adanya sanksi pidana dalam rancangan Perda Tanggung Jawab Pelaksanaan dan Penyelenggaraan Sosial Lingkungan Perusahaan atau Coorporate Social Responsibility kepada perusahaan yang tidak menyalurkan sebagian keuntungannya.

Menurut Walikota, sanksi dalam raperda yang sedang dibahas tersebut sangat ringan, hanya berupa  administrasi berupa teguran lisan serta tulisan.

"Saya nilai ini tidak sebanding dengan apa yang didapat dan dilakukan perusahaan dimana mereka berada," ujarnya.

Dada menyatakan, sanksi berat harus dijatuhkan jika kegiatan ekonomi yang dilakukan menimbulkan perubahan buruk terhadap masyarakat kota.

"Perubahan buruk seperti adanya pelacuran maupun munculnya moral yang tidak baik, atau adanya perubahan fungsi  RTH dan lahan sawah produktif yang berubah jadi bangunan tanpa disertai tanggung jawab dari pengusahanya," tuturnya.

Untuk itu menurut walikota, pengusaha yang berinvestasi di Kota Bandung sebaiknya tidak hanya melakukan kegiatan ekonomi, tetapi juga harus ikut menjaga lingkungan dan kondisi sosial masyarakat dimana mereka berada.

"Perusahaan tidak hanya metraup keuntungan juga tapi harus menjaga lingkungan dan memikirkan dampak yang ditimbulkan," katanya. (ly)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama