» » Ade Swara : Forum Komunikasi BPD Harus Bersinergi

KARAWANG - Bupati Karawang, H. Ade Swara, menghimbau agar seluruh jajaran Forum Koordinasi BPD Kab. Karawang untuk dapat terus menjalin sinergitas dengan pemerintah daerah, dinas instansi terkait, serta berbagai organisasi masyarakat lainnya, termasuk Apdesi. Himbauan tersebut disampaikan dirinya saat memberikan sambutan pada upacara Pelantikan Forum Komunikasi BPD Kab. Karawang Masa Bhakti 2013 – 2019 di Aula Husni Hamid Pemda Karawang, Senin (18/2).

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa dengan adanya sinergitas dari berbagai komponen tersebut, seluruh desa yang ada di Kab. Karawang mampu bergerak maju dan berkembang menjadi pusat perekonomian yang baru, sehingga pertumbuhan ekonomi tidak hanya terpusat di kawasan perkotaan saja. “Dengan demikian esensi dari pemerataan pembangunan yang sesungguhnya telah benar-benar tercapai,” jelasnya.

Bupati melanjutkan desa merupakan bentuk pemerintahan terkecil yang ada di indonesia. Namun demikian, dalam setiap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka desa merupakan komponen penting sekaligus ujung tombak dari suksesnya berbagai program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, termasuk pula di Kabupaten Karawang.

Namun demikian, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan serta menumbuh-kembangkan potensi perekonomian desa, tentunya tidak hanya bergantung terhadap peran dari pemerintah saja, melainkan perlu mendapat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, yaitu warga dan elemen masyarakat di desa itu sendiri.

Untuk itu, saya menyambut baik kehadiran Forum Komunikasi BPD di Kab. Karawang, karena keberadaannya tentu akan semakin dapat meningkatkan jalinan silaturahmi, komunikasi, dan menjadi wadah untuk saling bertukar pikiran antar masing-masing BPD. “Dengan harapan keberadaan forum koordinasi bpd diharapkan tidak hanya mampu memberikan manfaat bagi para anggotannya secara individual, melainkan mampu memberikan manfaat yang jauh lebih luas bagi pengembangan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya,” tambahnya.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Bupati Ade Swara, Ketua Umum Forum Komunikasi BPD Kab. Karawang yang baru dilantik, Drs. Saleh Effendi menjelaskan bahwa pelantikan ini merupakan momentum untuk motivasi dan membangun semangat terhadap eksistensi BPD disertai dengan harapan dapat menjadi sarana untuk membangun komunikasi dan mengembangkan informasi antar BPD.

Lebih lanjut, Saleh Effendi turut menyampaikan dua rekomendasi untuk Pemerintah Daerah, yang antara lain adalah untuk meminimalisir konflik antar BPD dan aparat Desa dalam pengelolaan keuangan desa dengan anggaran operasional BPD yang dikelola terpisah dari operasional desa. Sedangkan rekomendasi kedua adalah untuk membangun tertib penyelenggaraan pemerintahan desa, melalui fasilitasi antara Forum Komunikasi BPD dan APDESI untuk sepakat menandatangani Fakta Integritas.

Sementara itu, susunan pengurus FK-BPD Kab. Karawang Masa Bakti 2013 – 2019 adalah : Ketua Umum : Drs. H. Saleh Effendi; Wakil Ketua Umum I : Masmuhyi Abdullah; Waketum II : H.M. Tamjid. AB; Wakil Ketua III : Nanan Taryana, S.Pd; Wakil Ketua IV : Leklih Jajuli; Wakil Ketua V : Burhanudin; Wakil Ketua VI : Satibi, S.Pd.

Sekretaris Umum : Deden Nurdiansyah, S.Ag; Wakil Sekretaris I : Tamrin Faelani, SE; Wakil Sekretaris II : Kurnia; Bendahara : Muji Prayitno, SE; Wakil Bendahara : W. Burhanudin, SE, Siti Komariah; Ketua Bidang Organisasi : Drs. Nandang Basyuni; Ketua Bidang Pemerintahan : Rasum Pratama; Ketua Bidang Litbang & SDM : Taupik Hidayat, S.Pdi; Ketua Bidang Advokasi & Hukum : Irma Garwan, SH; Ketua Bidang Seni & Budaya : DL. Darsa Wibiksana; Ketua Bidang Humas : Naimun SM.

Sedangkan susunan Dewan Pelindung : Bupati Karawang, Ketua DPRD, Muspida; Dewan Pembina : Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan, BPMPD, Bag. Hukum, Kesbangpol; Dewan Penasehat : H. Aripin. ZA, Dudung Abdullah, H. Muftie, Nurjamil, Enjang Nurjamil. (*)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama