» » BPBD Riau Dilengkapi Alat Canggih

PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau siap mengoptimalkan alat pendeteksi bencana. Sehingga, upaya antisipasi bencana dibeberapa titik rawan dapat diketahui. Alat tersebut dapat memberikan gambaran awal tentang kondisi riil di lapangan sehingga langkah antisipasi dapat segera dilakukan secara cepat dan tepat.

Kepala BPBD Provinsi Riau, Syamsurizal Selasa (26/2) menjelaskan bahwa engalaman belakangan ini, BPBD merasa perlu mengoptimalkan alat pendeteksi bencana. "Mudah-mudahan dapat membantu untuk meminimalisir gejala," sebut Syamsurizal.

Dia menjelaskan, alat yang merupakan hibah dari Pemerintah Pusat itu tergolong canggih karena dilengkapi data base dan gir server ini, terdiri dari dua unit server dan empat workstation. Nantinya, alat ini dengan cepat akan melaporkan kejadian bencana alam di Riau dengan digital secara berkelanjutan.

"Alat itu sudah berjalan, namun belum dioptimalkan. Sistem pengoperasiannya sudah cukup baik karena secara simultan memberikan informasi dari seluruh daerah di Riau. Kita nanti akan menghimpun semua data, tentang bencana secara online dan otomatis. Sehingga dapat langsung terlihat dan diketahui langkah penanganannya," jelasnya.

Perangkat itu, sebutnya menambahkan, berperan positif dalam memetakan daerah-daerah rawan bencana yang ada di Riau. Dengan demikian, BPBD Riau sejak dini sudah bisa mengantisipasi terjadinya bencana secara menyeluruh. Untuk penerapan itu perlu melakukan koordinasi dengan BPBD di kabupaten dan kotamadya se Riau. Sehingga dapat dilakukan langkah penanganan bersama untuk bencana yang dapat terjadi.(*)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama