» » Desa Jatimulya Kec. Compreng Juara Pertama Tingkat Nasional sebagai Desa Gotong Royong

Subang - Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Prof. Dr. I Nyoman Sumaryadi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada kabupaten Subang yang menerapkan semangat gotong royong dalam pembangunan di daerahnya. Sehingga salah satu desanya, yaitu Desa Jatimulya Kec. Compreng berhasil meraih juara pertama tingkat nasional sebagai Desa Gotong Royong. Sebab menurut I Nyoman, semangat gotong royong adalah jiwa semangat Bangsa Indonesia sebagaimana Pancasila yang inti ajarannya adalah gotong royong. Hal tersebut diungkapkan sambutannya pada Acara Pembukaan Kegiatan Pendampingan Masyarakat Perdesaan di Kabupaten Subang yang berlangsung di Aula Kantor Pemda Subang, Rabu (6/3).


Kemudian disampaikan bahwa tujuan LPM IPDN datang ke Subang untuk melakukan pendampingan dalam pemberdayaan masyarakat desa. Salah satu alasannya ialah wilayah Subang memiliki potensi besar dari segi geografis, jumlah penduduk dan sumber daya alam.


Kemudian I Nyoman menyampaikan tentang "Teori Palu" yang dinyatakan bahwa saat sedang memegang "Palu" (kekuasaan) jangan menganggap bahwa semua rakyat sebagai "Paku" yang bisa sewaktu-waktu diketok. Untuk melaksanakan kepemimpinan perlu dilakukan dalam 3 langkah. Pertama dengan mengarahkan masyarakat dalam melaksanakan tujuannya. Oleh karena itu diperlukan kesabaran, Kamudian difasilitasi dalam mencapai kesejahteraan. "Pada dasarnya menusia itu baik dan memiliki kecenderungan untuk berubah lebih baik," jelas I Nyoman. Langkah menggunakan "Palu" dilakukan dengan tujuan supaya "Paku" menancap kuat pada lingkungan yang benar. Sehingga tercipta keharmonisan.


Bupati Subang, Ojang Sohandi menyampaikan rasa bangga atas dipilihnya Subang sebagai tujuan penelitian Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) oleh IPDN dalam rangka pendampingan masyarakat pedesaan. "Mudah-mudahan dijadikannya tujuan karena merupakan daerah yang baik dalam kinerjanya," ujar Ojang dalam Karena biasanya, lanjut Ojang, dalam tujuan penelitian daerah yang bersangkutan merupakan daerah yang terbaik atau yang terburuk. Maka dari itu dengan adanya dijadikannya tujuan penelitian Subang merupakan daerah yang terbaik.


Dipenghujung acara dilakukan saling tukar cindera mata antara Bupati Subang, Ojang Sohandi dengan Rektor IPDN, I Nyoman Sumaryadi. Saat menerima cindera mata, I Nyoman sempat terpesona dengan cindera mata miniatur "Gotong Singa" yang merupakan manifestasi semangat Rakyat Subang dalam melaksanakan Gotong Royong.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi yang diikuti tidak kurang dari 120 peserta yang terdiri dari aparatur di lingkungan Pemerintah Subang dan undangan. Salah satu materi yang dipresentasikan ialah oleh Prof. E. Koswara Kertapradja, MA, Yang membawakan materi Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan Pokok-Pokok Pikiran Upaya Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan keluarga. Narasumber lainnya ialah Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, dan Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS. (wm)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama