» » Peletakan Batu Pertama Proving Ground di Karawang

KARAWANG - Kabupaten Karawang yang memiliki potensi Perindustrian yang tinggi menjadi minat investasi yang menarik bagi perusahaan-perusahaan, kali ini perusahaan pendukung Otomotif yaitu perusahaan produksi Ban, akan membangun track untuk menguji kualitas Ban(Proving Ground) yang telah di produksi di Pabrik PT Gajah Tunggal, Bupati Karawang.

H. Ade Swara bersama Wakil Menteri Perindustrian RI, Alex Retraubun melakukan peletakan batu pertama, ground breaking pembangunan PT. Gajah Tunggal Tbk, Selasa (5/3/13), di Kawasan Industri Bintang Desa Wanasari Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang.

Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Azhar Lubis, unsur Muspida Kabupaten Karawang serta pejabat terkait seperti Kepala Dinas Cipta Karya Yusuf Abdul Gani, Kepala Dinas Tenaga Kerja Ramon Wibawa dan Kepala Disperindag Hanafi.

Bupati Karawang diawal sambutannya mengucapkan terimakasih kepada PT. Gajah Tunggal Tbk atas kepercayaannya untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Karawang. Hal ini merupakan wujud kondusifnya iklim investasi di Kabupaten Karawang. Sejak ditetapkannya Kabupaten Karawang sebagai kawasan industri pada tahun 1989, saat ini luas lahan industri sudah mencapai 19 ribu hektar, dengan jumlah industri sebanyak 8.900 perusahaan, ujarnya

 Untuk itu "Kami sangat berharap dengan hadirnya PT. Gajah Tunggal Tbk di Kabupaten Karawang, hendaknya relevan dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Karawang. Kami sadar bahwa saat ini belum mampu menyediakan SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri, namun demi terwujudnya harmonisasi dan sinergi antara kedua belah pihak, PT. Gajah Tunggal Tbk harus mengacu pada Perda nomor 1 tahun 2011 tentang penyelenggaraan tenaga kerja," tegasnya.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan keberadaan program CSR perusahaan hendaknya dapat disinergikan dengan arah pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan pemerintah daerah melalui Tim CSR Kabupaten sebagai wadah untuk berkoordinasi.

Wakil Menteri Perindustrian RI, Alex Retraubun dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PT. Gajah Tunggal Tbk, karena sejak didirikan tahun 1951 telah berkontribusi penyumbang devisa Negara dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 11.100 orang. ungkapnya

sambungnya "Indonesia memiliki lahan karet terluas di dunia, yaitu 3-4 juta hektar dengan produksi 3 juta ton/tahun. Dimana sebesar 196 ribu ton atau 40-50% nya dimanfaatkan oleh PT. Gajah Tunggal Tbk sebagai bahan baku dasar dalam pembuatan produk,"terangnya.

Christopher Chan selaku President Director PT. Gajah Tunggal Tbk dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan fasilitas Proving Ground ini akan dilaksanakan secara bertahap di atas lahan seluas 65 hektar, dilengkapi dengan peralatan dan sarana pengujian yang canggih dan terbaik, dan ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2015 nanti.

"Fasilitas Proving Ground ini dirancang untuk riset dan pengujian atas performa ban yang dihasilkan PT. Gajah Tunggal Tbk dan juga mendukung inovasi dan pengembangan berbagai macam ban untuk kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan konsumen Indonesia dan dunia,"jelasnya. (*)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama