» » Pemerintah Terus Dorong Program Prowirausaha

Presiden SBY dan Ibu Ani menghadiri Peringatan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2013 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (18/3) sore. (foto: abror/presidenri.go.id)
JAKARTA - Pemerintah akan terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru melalui program prowirausaha, koperasi, dan usaha kecil dan menengah (UKM). Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan hal ini dalam sambutannya saat menghadiri Peringatan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2013 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (18/3) sore. GKN bertemakan 'Spirit Global Entrepreneurship'.

"Pemerintah akan mengembangkan kebijakan dan program yang prowirausaha, koperasi, dan usaha kecil dan menengah," kata Presiden SBY.

Setiap tahun pemerintah mengalirkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp 20 triliun hingga Rp 25 triliun. "Para wirausaha muda teruslah berkreasi, teruslah menemukan dan menciptakan yang baru, teruslah meningkatkan prodtivitas dan temuan-temuan yang lain," SBY menambahkan.

Pemerintah akan membantu dengan menyiapkan kebijakan-kebijakan dan program yang tepat serta menyiapkan dana pinjaman dan bergulir. "Pemerintah bekerja sama dengan perbankan dalam negeri dan semua pihak agar di masa depan akan semakin banyak lagi wirausaha di negeri kita ini," Presiden SBY menjelaskan.

Di awal sambutannya, Presiden SBY merasa bangga karena semakin banyak generasi muda yang memilih untuk berwirausaha. "Ini menunjukan ekonomi Indonesia dan kesejahteraan rakyat semakin baik di masa yang akan datang," kata Kepala Negara.

Dengan terus mengembangkan kewirausahaan, angka pengangguran di Indonesia dapat ditekan, begitu juga dengan kemiskinan. "Yang tidak kalah pentingnya, kesenjangan sosial, harapan kita bisa kita cegah untuk tidak semakin melebar dan bahkan bisa terus berkurang," ujar Presiden SBY.

Saat ini peluang menjadi wirausaha masih amat terbuka, hal itu didukung dengan ekonomi Indonesia yang semakin tumbuh. "Jika kewirausahaan tumbuh dengan pesat di negeri kita ini nantinya peluang bisnis akan tercipta dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, termasuk generasi muda yang menginginkan pekerjaan yang baik dan layak," Presiden menegaskan.

Sebelumnya, Menkop dan UKM Syarief Hasan menjelaskan acara ini dimeruahkan 50 ribu calon wirausaha. Peringatan GKN tahun ini menghadirkan pembicara Representative Microsoft Amerika Serikat Akhtar Badshah. Presiden SBY juga sempat menyaksikan penyerahan penghargaan wirausaha sukses kepada beberapa wirausahawan.

Presiden menghadiri acara ini dengan didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono. Turut hadir Menko perekonomian Hatta Rajasa, Menseneg Sudi Silalhi, Medagri Gamawan Fauzi, Mendag Gita Wirjawan, Menhut Zulkifli Hasan, Seskab Dipo Alam, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. (*)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama