» » Pengguna Jalan Masih Kurang Tertib

BANDUNG - RHK (Ruang Henti Khusus) kendaraan sepeda motor masih belum efektif tangani ketertiban pengguna jalan raya, khususnya kendaraan bermotor. Hal ini terjadi karena kurangnya wawasan pengguna jalan mengenai RHK sehingga banyak pelanggaran yang terjadi di jalan Raya.

Menurut Ega Surya (28) Basatlantas Polrestabes kota Bandung, "Sosialisasi RHK ini sudah ada, tapi banyak yang belum mengetahui". Hal serupa tidak hanya terjadi di Bandung saja, di pusat Ibu Kota seperti Jakarta sekalipun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui peraturan RHK.

RHK sendiri sudah ada di beberapa ruas jalan seperti Jalan Cikapayang, ruas jalan Merdeka, ruas jalan HOS Cokroaminoto dan ruas jalan lain di Bandung, aplikasi RHK di kontrol dan di awasi oleh kemanan yang bertugas. "Kira-kira sekitar 100 pelanggaran kendaraan bermotor di RHK setiap satu bulannya," jelas Rizal (26) Basatlantas Polrestabes kota Bandung.

Rizal juga menuturkan bahwa pihak kepolisian yang bertugas selalu memperingatkan pengguna jalan agar terhindar dari tindakan pelanggaran, "jika di belakang RHK kosong kita suruh mundur hingga belakang batas RHK, tapi jika ternyata sudah penuh atau terisi kita arahkan untuk langsung belok ke arah HOS Cokroaminoto yang ke arah Pasir Kaliki," jelas Rizal kembali.

Surya juga menjelaskan bahwa lampu jalan atau Traffic Light kadang tidak di hiraukan oleh pengguna jalan sehingga fungsi RHK yang seharusnya menertibkan jalan menjadi seolah tidak berfungsi. Masyrakat seharusnya mendukung ketertiban jalan raya sehingga tidak ada tuduhan. (LY/JBR)
 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama