» » Hampir Seluruh Gubernur Setuju Kenaikan BBM

JAKARTA – Pemerintah berencana untuk mengendalikan konsumsi BBM Bersubsidi agar tidak melewati kuota yang sudah ditetapkan. Dalam Rapat Kerja Gubernur se-Indonesia, Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah menyampaikan rencana pengendalian dengan berbagai opsi yang akan diputuskan kemudian. Menurut Menteri ESDM Jero Wacik, bahwa hampir seluruh seluruh Gubernur yang hadir dalam Rapat Kerja menyatakan persetujuannya jika Pemerintah menaikan harga BBM Bersubsidi. Selasa (16/4/2013).

"Tadi dengan para Gubernur telah disampaikan rencana Pemerintah untuk mengendalikan BBM Bersubsidi dan hampir semua Gubernur sudah menyatakan setuju dengan rencana pemerintah jika opsi yang diambil Pemerintah untuk menaikkan harga BBM Bersubsidi," ujar Menteri ESDM, Jero Wacik.

Mengenai berapa besar kemungkinan kenaikannya, Menteri ESDM mengatakan, "sekarang sudah mengurucut sekitar Rp 6500 untuk mobil pribadi (plat hitam), tapi ada juga beberapa Gubernur yang mengatakan langsung saja ke harga keekonomiannya, artinya naik itu sudah setujulah beliau-beliau itu",  imbuh Wacik.

Menteri ESDM menambahkan, saat ini keputusan belum diambil oleh Presiden karena masih menunggu masukan dari berbagai pihak seperti dari BPH Migas, Pertamina, Kepolisian dan Hiswana Migas. Bapak Presiden juga lanjut Menteri, sedang memikirkan dampak yang dirasakan masyarakat miskin. " Kalau ada perubahan harga BBM, mengurangi subsisi pada orang berpunya, itu tentu akan berefek kepada inflasi, disinilah akan berdampak kepada yang miskin, jadi Pak Presiden konsennya disini, bukan politik, kalau politik keliatannya mulai bersuara, bahwa hampir semuanya rasional mengatakan kalau ini sudah panteslah, Kalau subsidi untuk orang menengah, mampu dan kaya dikurangi subsidinya, tadinya yang mampu dan kaya dicabut saja subsidinya, tapi Bapak Presiden menyatakan, tetep dapat subsidi tapi dikurangi", ujar Wacik.

"Untuk orang miskin, sepeda motor, angkot dan plat kuning tetep dapat susbsidi", imbuh Wacik. (ly/SF)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama