» » Mendikbud Tinjau Persiapan UN di Papua Barat

MANOKWARI - Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Papua Barat, salah satu kegiatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh adalah meninjau kesiapan UN di Papua Barat. Dalam kesempatan itu Mendikbud mendatangi SMAN 1 Monokwari.

Dijelaskan Mendikbud kepada para siswa yang berbaris di lapangan sekolah bahwa semua soal yang diujikan di UN itu merupakan bagian dari kurikulum yang sudah diajarkan di kelas. Dalam UN tahun ini, lembar jawaban menyatu dengan lembar pertanyaan  dan diberi  barcode yang hanya bisa dibaca dengan alat pendeteksi. Selain itu, setiap siswa akan memperoleh soal yang berbeda satu dengan yang lainnya.
Karena itu, Mendikbud mengajak para siswa untuk belajar dengan baik dan sungguh-sunguh. "Jangan mudah terpengaruh oleh isu-isu seperti kebocoran soal dan kunci jawaban karena hal itu hanya memecah konsentrasi,” ujarnya.

Menteri Nuh juga mengimbau para siswa maupun guru di setiap sekolah untuk mengedepankan kejujuran dalam pelaksanaan UN. “Utamakan kejujuran karena itu yang bisa memberikan keberkahan. Tidak usah pasang target-target. Yang penting konsentrasi, fokus,” katanya.

Usai berkunjung ke SMAN 1 Manokwari yang di dampingi para pejabat pusat maupun daerah, Mendikbud dan rombongan mendatangi SMKN 1 dan SMKN 2 Monokwari.  Secara keseluruhan, ada 38.935 siswa dari Papua Barat yang akan mengikuti UN tahun ini. Tahun ini ada 6.540 peserta UN tingkat SMA, 3.132 siswa SMK, 12.982 siswa SMP dan 16.281 siswa tingkat SD. (IH)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama