» » » 2014, Blok Cepu Produksi 165.000 barel

CEPU - Menteri ESDM Jero Wacik optimis Blok Cepu dapat mencapai produksinya sebesar 165.000 barel per hari pada Oktober 2014 mendatang. Keyakinan itu disampaikan pada acara Wisuda PTK AKAMIGAS di Cepu, baru-baru ini.

"Tadi saya sudah lihat (Blok Cepu) dari atas. Rasanya kok bisa Oktober 2014 produksi 165.000 barel per hari," katanya.

Jika hal ini bisa terjadi, lanjut Wacik, maka produksi minyak Indonesia dapat kembali mencapai 1 juta barel per hari. Agar target ini dapat tercapai, pekan depan Menteri ESDM akan memanggil Exxon Mobil untuk menyampaikan progres kegiatannya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri ESDM meminta para bupati agar rajin bermusyawarah dengan masyarakat setempat. 

Rejeki dari Tuhan berupa sumber daya alam, harus dibagi-bagi untuk kesejahteraan rakyat. Sedangkan kepada ExxonMobil, Menteri ESDM meminta agar CSR dapat diperbesar.  "Tidak boleh ada proyek besar di sini, Tapi rakyatnya melarat," tegas Wacik.

Agar proyek migas berjalan sesuai rencana, Wacik juga meminta kepada masyarakat agar menjaga agar iklim usaha tetap kondusif karena eksplorasi migas memerlukan uang dan teknologi canggih.

"Tetap jaga mereka (investor). Kegiatan migas memerlukan teknologi tinggi dan uang yang banyak. Tidak mudah melakukan eksplorasin," tandasnya.

Hingga saat ini, migas masih menjadi salah satu sumber penerimaan negara yaitu sekitar Rp 400 triliun. (ly/jt)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama