» » Perpustakaan Keliling Kunjungi PKBM dan PAUD

CIMAHI - Dinas Pendidikan Kota Cimahi menyediakan layanan Unit Perpustakaan Keliling sebagai salah satu upaya mencerdaskan masyarakat. Perpustakaan Keliling dalam bentuk sebuah mobil mini bus yang dimodifikasi dan dilengkapi rak buku berisi buku-buku tertata  rapih tersebut, setia mengunjungi sasaran pembacanya.
 
"Pagi-pagi sekali saya sudah berada di sini untuk melayani masyarakat yang membutuhkan buku-buku bacaan. Tapi, hanya dibaca di tempat, tidak boleh dibawa. Kalau mau dipotocopy ya silahkan, jangan lama-lama," kata Asep Tatang, petugas Perpustakaan Keliling Dinas Pendidikan Kota Cimahi di Halaman Depan Gedung Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Misykatul Anwar, Jalan Sentral No. 38 RT 03 RW 04, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi kepada jabarprov.go.id, Senin (17/6).
 
Asep menjelaskan, Perpustakaan Keliling disediakan Dinas Pendidikan Kota Cimahi khusus untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bahan bacaan. Perpustakaan Keliling setia mengunjungi masyarakat ke lokasi-lokasi PKBM dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).
 
"Kami mengunjunginya secara bergiliran mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Ke PKBM Misykatul Anwar ini, dua kali dalam seminggu," katanya.
 
Di Kota Cimahi, lanjut Asep, terdapat 24 PKBM dan 420 PAUD. Tapi, tidak semua PKBM dan PAUD yang ada di Kota Cimahi dapat dikunjungi oleh Mobil Perpustakaan Keliling. Pasalnya, ada sebagian PKBM dan PAUD yang lokasinya di dalam gang atau jauh dari jalan raya, sehingga Mobil Perpustakaan Keliling tersebut tidak bisa masuk.
 
Mobil Perpustakaan Keliling yang setia mengunjungi PKBM dan PAUD tersebut, menurut Asep, berisi 3.400 eksemplar buku bacaan terdiri dari 500 judul buku. Selain buku-buku bacaan untuk anak sekolah, mulai dari tingkat PAUD hingga SLTA, Perpustakaan Keliling juga menyediakan buku-buku teknologi tepat guna yang dibutuhkan oleh masyarakat.
 
"Selain bahan bacaan untuk anak-anak sekolah, kami juga menyediakan bahan bacaan untuk para orang tua. Misalnya saja, buku-buku bacaan tentang bagaimana cara budi daya ikan air tawar, cara menanam cabe, cara menanam buah-buahan dan buku-buku teknologi tepat guna lainnya," katanya. (ly/jbr)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama