» » Waket Komisi VIII: Petugas Haji Harus Waspada

Foto

JAKARTA -
Dengan situasi Masjidil Haram yang masih dalam proses renovasi, petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi harus meningkatkan kewaspadaan.

"Kewaspadaanya double, karena tempatnya semakin kecil, dan jamaahnya hanya dipotong 20%. Padahal kalau dihitung secara matematis, mestinya dipotong separohnya," terang Wakil Ketua Komisi VIII, Gondo Radityo Gambiro ketika memberikan arahan kepada petugas PPIH pada pembekalan Petugas PPIH Daker Makkah, Jakarta, Rabu malam (26/06).

"Tempat itu sangat padat," imbuh Gondo.

Gondo berharap agar dalam penyelenggaraan ibadah haji nanti, diberlakukan sistem jam beribadah di masjidil Haram. Ini dimaksudkan agar tidak terlalu terjadi pemadatan di Masjidil Haram pada waktu yang sama.

"Manajemennya bagaimana, kita serahkan kepada Pemerintah. Petugas harus mampu nmengelola  jamaah agar tertib, dispilin, dan patuh," tegas Gondo.

Gondo meminta petugas PPIH untuk tenang tapi cekatan. "Jangan panik dan tetap tenang agar jamaah juga tenang," ujar Gondo.

"Kuasai diri, tenangkan hati dan yakinkan bahwa kita adalah petugas haji yang mendapat amanah untuk menjadi pelayan tamu Allah," pesan Gondo.(ly/DEPAG)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama