» » » Beasiswa Penuh bagi Peraih Mendali Emas O2SN 2013


BALIKPAPAN - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan, Musliar Kasim, menyampaikan kabar gembira sebagai penyemangat bagi para peserta didik yang mengikuti Olimpiade Olah raga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2013. "Bagi yang mendapatkan medali emas, akan disediakan beasiswa penuh di sekolah olah raga di Kalimantan Timur (Kaltim)," pekiknya diiringi gemuruh tepuk tangan semua peserta saat memberikan sambutan pada acara pembukaan di Balikpapan Sport and Convention Center (Dome Balikpapan), Senin (1/07).

Sebanyak 500 beasiswa penuh disediakan Pemerintah Daerah Kaltim bagi para pemenang O2SN untuk menempuh pendidikan di Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) provinsi Kaltim. "Kepada anak-anak yang hari ini bertanding bisa bersekolah di sekolah olah raga di Kaltim," ujar Musliar untuk kedua kalinya.

Tidak hanya itu, bagi peraih mendali emas juga akan mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia ke tingkat internasional, seperti yang saat ini sedang berlaga di Yunani untuk kejuaraan Catur dan di Hungaria untuk kejuaraan Karate. "Mereka yang dikirim adalah pemenang O2SN tahun lalu," jelasnya.

Dalam sambutannya, Musliar juga menyampaikan pentingkanya olah raga agar menjaga tubuh tetap sehat dan segar mulai dari usia dini hingga usia lanjut. Selain itu, berolah raga juga mempunya dampak positif, yaitu terhindar dari pengaruh narkoba dan rokok. "Tidak mungkin fisiknya tetap fit dan bernafas sempurna jika bercampur dengan narkoba dan rokok. Kalau ada atlet yang pakai, berarti sudah salah jalan," tegasnya.

Setidaknya ada tiga keteladanan dari para olahragawan yang patut dicontoh. Pertama, disiplin berlatih untuk mencapai prestasi. Kedua, sportifitas. "Tidak ada orang yang jiwa sportivitasnya sebaik olahragawan. Walau berkompetisi, pada akhirnya berpelukan," ujar Musliar mencontohkan. Kemudian ketiga yaitu saling tolong-menolong, misalnya apabila ada yang terjatuh saat bertanding, lawan pun akan turut menolong ujarnya.

Maka dari itu, Musliar berpesan kepada para peserta O2SN agar selalu bangga menjadi bangsa Indonesia karena telah diberi kesempatan yang sangat luas untuk berprestasi di berbagai bidang, khususnya bidang olah raga. (Ly/dikbud)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama