» » Asia Afrika Smart City Summit 2015 Resmi Dibuka

Asia Afrika Smart City Summit 2015 Resmi Dibuka oleh Tiga Pemimpin Daerah dari Dua Benua

BANDUNG - Tiga pemimpin daerah dari dua benua resmi membuka Asia Afrika Smart City Summit 2015 di Grand Ballroom  Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Bandung, (Rabu/24). Mereka diantaranya adalah Walikota Bandung, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Perwakilan dari Afrika yaitu Walikota Victoria, Seychelles, Jacqueline Moustache-Belle.

Ketiga pimpinan tersebut bersama General Chairman AASCS 2015, Profesor Suhono Supangkat secara bergantian memberi sambutan saat pembukaan acara yang menjadi rangkaian dari Konferensi Asia Afrika ke-60. Pertemuan ini dihadiri oleh 446 peserta, 25 walikota dari dua benua dan partisipan yang datang dari 69 kota dari 36 negara di Asia Afrika.
           
Sesaat setelah memberikan sambutannya kepada para tamu undangan yang hadir, Ridwan Kamil mengatakan kepada awak wartawan bahwa yang relevan untuk mengikat Asia Afrika lebih kompak dan terbaru adalah konsep Smart City.

"Bagi kita dengan adanya kekompakan dua hari ini dan besok ada deklarasi Bandung juga, sekitar lima, sepuluh, dua puluh tahun lagi kita kejar. Dan sejarah mencatat di Bandunglah gerakan kekompakan kolaborasi Asia Afrika hadir melalui teknologi," ungkap Ridwan Kamil.

Menurutya yang dapat ditawarkan Bandung kepada tamu undangan dari negara Asia Afrika dalam smart city ini ialah pertama  para pemimpin kota tersebut merasa simbol emosi kekompakannya ada di Bandung. Kedua Bandung ada sekitar lima sampai delapan software seperti manajemen proyek, manajemen traffic dan yang lainnya bisa kita share ke mereka.

"Monitoring social media, panic button buat kalau ada kriminal itu kan bisa share ke negara-negara lain juga. Jadi itu yang kita berikan," ujarnya.

Sementara itu hal yang dapat diminta dari para pemimpin kota tersebut untuk Smart City Summit ini adalah mereka yang memiliki teknologi keren supaya dapat sharing ke kota-kota di seluruh Asia Afrika.

"Nanti dalam dua hari pelaksanaan akan ketahuan negara mana yang punya teknologi apa, kita minta buat dia share ke kota se-Asia Afrika," ucap pria yang disapa Emil ini.
           
Walikota Victoria, Seychelles, Jacqueline Moustache-Belle mengatakan sangat berterima kasih kepada Kota Bandung atas terselenggaranya program ini. " Saya berharap dengan adanya AASCS, kota-kota di Asia Afrika dapat membangun hubungan yang solid untuk membuat masa depan yang lebih baik," tuturnya.

Ahmad Heryawan selaku Gubernur Jawa Barat sangat mendukung Kota Bandung dalam penyelenggaraan ini."Saya menegaskan akan mendukung Kota Bandung sebagai ibukota Jawa Barat untuk program AASCS ini. Dan saya bangga Bandung menjadi tuan rumah acara ini dan mendukung penuh terwujudnya smart city," pungkasnya. (al/cev)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama