» » Bloomberg Foundation Terpikat Pendidikan Aman Berlalu Lintas bagi Anak ala Satlantas Polrestabes Bandung



Bandung – Salah satu yayasan yang bergerak di bidang Global Road Safety yang berasal dari Amerika Serikat, yaitu Bloomberg Foundation yang baru-baru ini berkunjung ke Kota Bandung  mengaku tertarik dan kagum melihat pendidikan berlalu lintas di Bandung yang sasarannya anak-anak sekolah. Hal ini disampaikan Kanit Dikyasa Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Erwan Dwi Yanto di ruangan kerjanya kepada wartawan belum lama ini.

"Tadinya mereka beranggapan bahwa pemberian pendidikan aman berlalu lintas terhadap anak-anak itu tidak efektif, karena di negara mereka anak-anak itu kegiatannya hanya bermain dan tidak dikenalkan hal ini. Tetapi saat saya sampaikan akan pentingnya pendidikan tersebut kepada anak-anak, mereka sangat faham dan mengerti, bahkan balik memuji," tutur Erwan.

Adapun materi pendidikan berlalu lintas yang saya terapkan pada anak-anak tersebut meliputi pengenalan rambu-rambu dasar seperti traffic light, zebra cross, dan lain-lain. Kemudian cara menyebrang supaya aman bagaimana ?, yaitu wajib di titik penyebrangan (zebra cross),  tengok kanan-kiri, kalo sudah aman baru nyebrang, lanjutnya. "Ini yang membuat kaget mereka, anak-anak sekolah kita latih sejak kecil, hasilnya memang tidak langsung saat ini tetapi untuk jangka panjang", terang perwira yang kelahiran Jakarta ini.

Seperti diketahui Kota Bandung terpilih untuk masuk jadi satu dari 10 kota di dunia sebagai percontohan Road Safety World atau Kota di Dunia yang Aman Berlalulintas saat acara Bloomberg Initiative Global Road Safety Kick Off di Hotel Savoy Homan Bandung, Senin (27/4/15).  Bandung memulai sebuah proses untuk menjadi kota aman berlalu lintas dengan standar dunia.

Kota yang terpilih untuk berpartisipasi sebagai kota percontohan aman lalu lintas kebanyakan berasal dari kawasan Amerika Selatan, Afrika dan Asia. Kota-kota tersebut adalah kota Accra, Ghana; Addis Ababa, Ethiopia; Bangkok, Bandung, Bogota, Fortaleza, Brazil; Ho Chi Minh, Vietnam; Mumbai, India; Sao Paulo, Brazil; dan Shanghai, China.

 Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyebutkan, dipilihnya Bandung dari kota yang ada di Indonesia untuk menjadi percontohan Kota Aman Lalu Lintas Dunia dari Bloomberg Philanthropies karena Badan perencanaan daerah (Bapedda) yang dibawahinya telah mengirimkan proposal kepada Bloomberg yang isinya sangat lengkap dan detail. "Kita mengajukan proposal dan proposal dari Bappeda Bandung salah satu paling detail dan lengkap, termasuk komitmen dari kepolisian yang dianggap paling serius," tuturnya.

 "Saya ucapkan terima kasih kepada Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Angesta Romano Yoyol karena telah menerapkan kualitas lalu lintas yang baik dengan standar dunia. Di samping itu programnya masuk dalam program pemerintah dan ada dukungan dana juga dari Bloomberg Foundation," terang Walikota. **(Yusman)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama