» »Unlabelled » Pangdam II/Sriwijaya Latih Babinsa Pandai Bertani

Danrem 044/Gapo Buka Diklat Budi Daya Pajale bagi babinsa di wilayah Sumsel

KODAM II/Sriwijaya Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Suko Basuki mewakili Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Iskandar M Sahil, membuka pendidikan dan pelatihan Budi Daya Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) bagi para Babinsa di wilayah Sumsel, diikuti 231 orang Babinsa jajaran Korem 044/Gapo yang dibagi menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama tanggal 13 s.d. 19 April 2015 sebanyak 115 orang Babinsa dan gelombang kedua tanggal 20 s.d. 26 April 2015 diikuti 116 orang Babinsa, bertempat di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Martapura OKU Timur Provinsi Sumsel pada Senin 13/4/2014.

Pangdam II/Sriwijaya menyampaikan  terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Sumsel beserta jajarannya, para fasilitator dan segenap peserta Diklat Budi Daya Padi, Jagung dan Kedelai di Balai Pengembangan SDM Pertanian Sumsel.

"Hal ini merupakan kegiatan positif bagi upaya peningkatan produksi tanaman padi, jagung dan kedelai di seluruh wilayah Sumsel," ujarnya.

Kegiatan Diklat ini tentu memiliki nilai dan manfaat yang sangat penting, sekaligus merupakan bentuk komitmen dan tanggungjawab kita semua untuk mendukung dan meyukseskan program pemerintah dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan guna mencapai swasembada pangan nasional di wilayah Sumsel.

Adapun tujuan pendidikan dan latihan yang akan berlangsung selama tujuh hari untuk gelombang pertama dan dilanjut tujuh hari untuk gelombang ke dua adalah untuk membekali dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan para Babinsa, yang nantinya diarahkan sebagai Kader Ketahanan Pangan di wilayah tugasnya masing-masing.

Melalui Diklat ini para Babinsa diharapkan akan dapat menutupi kekurangan petugas PPL yang ada di wilayah Sumsel dan sekaligus mampu mendampingi, membina dan membimbing para petani untuk bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah mencapai target Swasembada pangan tahun 2017.

Pangan merupakan salah satu Komoditas yang sangat penting dan strategis bagi keberadaan sebuah negara. Pengalaman menunjukkan bahwa permasalahan yang terkait dengan pangan dapat menjadi pemicu bagi krisis yang berujung pada kehancuran sebuah negara.

Dengan terus bertambahnya jumlah penduduk dunia, dan tentu saja meningkatnya kebutuhan pangan secara sangat tajam belakangan ini, maka nilai strategis pangan juga akan semakin meningkat.

Sebagai bangsa agraris dengan 70 persen masyarakatnya hidup di sektor pertanian, maka sudah semestinya kita perlu membangun ketahanan pangan dan swasembada pangan.

Untuk itulah, TNI Angkatan Darat melalui program Binter dan serbuan teritorial berkomitmen untuk mewujudkan Swasembada pangan di wilayah Sumbagsel. Karena keberhasilan program ketahanan pangan, tidak hanya menjamin ketersediaan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat samun secara tidak langsung akan meningkatkan ketahanan daerah dan nasional serta menjamin tetap tegak-kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui Diklat ini para Babinsa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga bekal yang didapatkan nantinya dapat disosialisasikan dan dipraktekkan kepada seluruh anggota dan terutama kepada kelompok tani dan masyarakat di wilayah tuganya masing-masing.

Apabila ada penjelasan dari penyaji materi yang kurang dimingerti jangan segan-segan untuk bertanya sampai betul-betul mengerti. Kewajiban para Babinsa untuk membantu para petani untuk meningkatkan hasil pertanian, dengan melakukan pembinaan, pendampingan dan menyemangati para petani dalam mengolah lahan pertanian sehingga berdampak pada peningkatan hasil pertanian, demikian tuntasnya.

Kegiatan dihadiri oleh Kasrem 044/Gapo, para Dandim jajaran Korem 044/Gapo, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel, Kepala Balai Pengembangan SDM Pertanian Sumsel, para Kabalak Aju Korem 044/Gapo, pejabat yang mewakili Kapolres OKU Timur dan para Babinsa peserta Diklat budi daya padi, jagung dan kedelai. (al)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama