» »Unlabelled » SBMPTN 2015 : Unsyiah Menerima 5.112 Calon Mahasiswa Baru

Laman Resmi SBMPTN 2015 Diluncurkan

LAMAN resmi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2015 secara resmi diluncurkan pada Selasa (13/4). Laman resmi tersebut ( https://sbmptn.or.id/) memuat semua informasi tentang jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui mekanisme ujian tulis ini.

Pendaftaran SBMPTN akan mulai berlangsung sejak tanggal 11 Mei 2015. Sementara ujian tulis serta pengumuman hasilnya masing-masing pada tanggal 9 Juni dan 9 Juli 2015. Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN  melalui ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan, menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi peserta, PTN, maupun bagi kepentingan nasional.

Berdasarkan pengalaman dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, maka pada tahun 2015 Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menyelenggarakan ujian tertulis  SBMPTN 2015, yang dapat
diikuti oleh siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/ MA/ SMK/ MAK) dan sederajat, termasuk Paket C tahun 2013, 2014, dan  2015.

Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan reliabilitas dan validitas yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (saintek) dan/atau bidang sosial dan humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Sementara itu, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) akan menerima sebanyak 5.112 orang mahasiswa baru dari berbagai jalur tahun ini. Sebanyak 30% dari jumlah tersebut diterima dari jalur
masuk SBMPTN.

Selain melalui jalur ini, sebanyak 50% mahasiswa baru Unsyiah akan diterima melalui jalur undangan atau dikenal dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)., sementara 20% lagi akan diterima melalui jalur mandiri.

Proses jalur masuk SNMPTN hampir mencapai final. Pendaftaran oleh siswa dan sekolah telah selesai dilakukan. Namun siswa masih harus masuk ke laman SNMPTN untuk mengisi nomor ujian nasionalnya (NUN). Jika NUN ini tidak diisi, maka siswa tidak bisa melakukan pencetakan kartu. Masa pencetakan kartu SNMPTN, 14 April-28 April 2015.

Sementara pengumuman kelulusan jalur ini Tanggal 9 Mei, dan tanggal 9 Juni Verifikasi kelulusan. (al)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama