» »Unlabelled » Ulama Afghanistan Tertarik Mengenal Muslim Indonesia

JAKARTA - Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Machasin hari ini, Kamis (30/04) menerima kunjungan delegasi Afghanistan. Mereka terdiri dari para ulama pada Kementerian Wakaf, Kementerian Pendidikan,dan Majelis Ulama Afghanistan.

Abdul Ghofur sebagai fasilitator dari The Asia Foundation (TAF) menjelaskan maksud kunjungannya ke Indonesia.

Menurutnya,TAF memiliki komitmen untuk memberikan wawasan kepada para ulama Afghanistan tentang moderasi Islam, khususnya di Indonesia.

Kunjungan ini difokuskan sebagai sharing pengalaman tentang demokrasi, peran ulama di Indonesia dalam pembangunan Indonesia, serta isu-isu sosial keagamaan lainnya seperti pluralisme dan gender.

"Para ulama Afghanistan sangat tertarik untuk mengenal Muslim Indonesia. Pengalaman Indonesia ini harus ditransformasikan ke seluruh dunia Islam, agar moderasi benar-benar terwujud," tuturnya.

Para ulama Afghanistan merasa perlu menggali bagaimana peran Kementerian
Agama dalam mengelola keberagamaan di tengah keragaman Indonesia, hal yang sama dihadapi pemerintah Afghanistan.

Dirjen Bimas Islam, Prof. Dr. Machasin, MA,menyambut hangat kehadiran para ulama Afghanistan tersebut, terutama dalam rangka berbagi pengalaman dalam membangun keberagamaan.

Menurutnya, Indonesia memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan bagi seluruh pemeluk agama dalam menjalankan keyakinan sesuai dengan agamanya masing-masing. Karena Indonesia dibangun di atas keberagaman, sehingga keberagaman agama ditempatkan sebagai unsur perekat, bukan sebagai musuh.

Didampingi Sesditjen serta para pejabat eselon II danIII,  Machasin mengatakan bahwa, sekalipun Indonesia merupakan negara Islam terbesar di dunia, tetapi Indonesia menghormati kebebasan dalam beragama. (ali/hms)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama