» » 24 Tokoh Masyarakat Peroleh Sabilulungan Award

KAB. BANDUNG - Sebagai salah satu bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap warganya yang berprestasi, Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser, SH, M.Ip menyerahkan penghargaan "Sabilulungan Award" kepada 24 tokoh masyarakat dari berbagai profesi.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Dadang Mochamad Naser di Gedong Budaya Sabilulungan-Soreang, Sabtu (02/05/2015). Penentuan seseorang untuk memperoleh penghargaan, dilakukan secara selektif dan objektif oleh masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

"Setiap SKPD diberi kewenangan untuk mengajukan calon nominator penerima penghargaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, calon yang diajukan ini tentunya setelah dilakukan seleksi cukup ketat", ungkap Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Ke-374 Kabupaten Bandung, Diar Irwana, SH.

Seperti halnya Tjitji Wartisah, S.Pd, M.Pd (44) diajukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bandung untuk menerima penghargaan, karena dinilai sangat berprestasi sebagai guru TK Asmaul Husna Rancaekek.

Berdasarkan catatan yang ada, prestasi yang diukir tokoh guru wanita ini terbilang luar biasa. Selama berprofesi sebagai guru, Tjitji Wartisah sejak tahun 2003 lalu telah menjuarai 13 perlombaan baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Di tingkat nasional, Tjitji Wartisah mampu meraih juara II lomba Guru TK Berprestasi Tahun 2009.

Masih di tahun yang sama, dirinya mampu meraih juara harapan I Lomba Guru Berprestasi dalam Penggunaan ICT/IT Tingkat Nasional. Bahkan dalam lomba Teacher Of The Year (TOTY) Guru PAUD Tingkat Nasional yang diselenggarakan Penerbit Erlangga, Ia menduduki juara pertama.

Sementara Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bandung sepakat mengajukan salah seorang tokoh wiraswasta wanita, Oetanti Endang Widayati yang mempelopori olahan makanan dari ganyong.

Dengan kecerdasan yang dimilikinya bahan makanan lokal ini dibuat menjadi Eggroll, Brownis Ganyong, Cheese Stick Ganyong hingga Kacang Bandung Ganyong. Karena kepeloporannya itu pula, Oetanti Endang Widayati pada tahun 2013 lalu menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian sebagai kategori produk pengolah tanaman pangan berdaya saing.Masih di tahun yang sama, Pemkab Bandung telah menetapkan produksi ganyong olahan Oetanti sebagai UKM (Usaha Kecil Menengah) unggulan kategori Ringan.

Penghargaan "Sabilulungan Award" diberikan pula kepada H.Mahmudin (70) warga Kampung Selakaso kecamatan Pacet. Karena kedermawanannya, tokoh yang satu ini telah mewakafkan tanahnya seluas 1.500 M2 untuk kepentingan pembangunan jembatan yang menghubungkan Kampung Bojong dengan kampung Selakaso Desa Mandalahaji.

Tidak cukup dengan itu, Ia pun menghibahkan 6 titik air yang ada di lahan miliknya untuk kepentingan masyarakat Kampung Selakaso dan 5 pondok pesantren di desa Maruyung Kecamatan Pacet.

Sementara dalam rangka memperingati Hardiknas Tingkat Pemerintah Kabupaten Bandung Tahun 2015, sebanyak 64 aktivis pendidikan di Kabupaten Bandung memperoleh Piagam Penghargaan. Masing-masing merupakan guru, kepala sekolah, pengawas yang dinilai berprestasi, mulai dari tingkat SD hingga SMA sederajat. (al/hms/cev)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama