» » HUT Kodam XVII/Cenderawasih, Kodim 1711/BVD Khitan Masal 75 Anak

BOVEN DIGOEL - Dalam rangka HUT ke-52 Kodam XVII/Cenderawasih dan Aksi Serbuan Teritorial,  Kodim 1711/BVD  mengadakan kegiatan khitanan massal diperuntukan bagi anak-anak masyarakat Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel yang diselenggarakan pada  Selasa tanggal 13 Mei 2015 pukul 09.00 WIT sd 15.35 WIT di Aula dan ruang rapat Makodim 1711/BVD. Kegiatan tersebut diikuti 75 orang peserta khitanan yang terdiri dari; anak-anak dari masyarakat sebanyak  64 orang, anak-anak  KBT (Keluarga Besar Tentara) anggota Kodim 1711/BVD  sebanyak 9 orang, dan personil Kodim 1711/BVD sebanyak 2 orang.

Dalam kesempatan itu Dandim 1711/BVD memberikan sambutan yang diwakili oleh Kasdim 1711/BVD Mayor Inf Verdy De Irawan, S.H. mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung terwujudnya acara tersebut. Dandim berharap kegiatan sunatan massal ini akan memberikan manfaat kepada anak-anak di wilayah kerjanya dan mengurangi beban orang tua untuk menyunatkan anaknya. Di Boven Digoel untuk menyunatkan membutuhkan dana yang tidak sedikit, oleh karena itu Kodim merasa prihatin dengan kondisi ini dan mengajak kerjasama instansi terkait untuk melakukan kegiatan sunatan massal yang meringankan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Selain sambutan Dandim diadakan juga  kultum (kuliah tujuh menit) oleh Ust.  Shodiqun ketua Ponpes Attoifah Almansuroh Ambon. Dalam ceramahnya, Ustadz Shodiqun menyinggung tentang keutamaan bersunat bagi laki-laki. Selain untuk kesehatan sunat juga akan memberikan manfaat lain bagi kehidupan anak-anak setelah mereka beranjak dewasa dan menikah. Sunat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang laki-laki muslim, sebab ini merupakan kewajiban yang telah dituliskan dalam kitab suci Al-quran. Selanjutnya Ust. Shidiqun menutup kultumnya dengan doa agar anak-anak yang mengikuti acara sunatan massal diberi kesehatan dan keselamatan serta disegerakan sembuh dari lukanya.

Usai dilakukan sunatan massal anak-anak yang sudah bersunat dibagikan sarung dan pemberian santuanan. Para orang tua yang anaknya mengikuti sunatan massal sangat bersyukur dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dandim 1711/BVD dan berharap acara seperti ini dapat dilanjutkan karena cukup mengurangi beban masyarakat.

Kegiatan ini didukung oleh 19 orang tenaga medis dari RSUD Kabupaten Boven Digoel, Satgas Pamtas Yonif 511/DY dan Satgas Pamtas Yonif 711. Selain itu didatangkan pula 1 orang dokter spesialis bedah, 4 orang dokter umum dan 14 orang perawat. Hadir dalam acara tersebut Dansatgas Pam Rahwan Yonif 711, Kasdim 1711/BVD Mayor InfVerdy De Irawan, S.H., Wakapolres Boven Digoel Kompol M. Jafar, dan Wakil Bupati Boven Digoel. (ali/ad)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama