» »Unlabelled » Kota Bandung Harus Miliki 137 Traffic Light dan 150 CCTV

BANDUNG - Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bandung, Yudiana, mengemukakan bahwa sebagian besar traffic light di Kota Bandung pada umumnya memiliki usia peralatan yang sudah tua. Menurutnya, traffic light di Bandung sudah dibangun sejak tahun 1996 dan ada beberapa yang sudah mengalami kerusakan.

Namun begitu, dari tahun ke tahun Dishub Kota Bandung terus memperbaiki fasilitas yang rusak tersebut. Baru sekitar 30% sampai 40% fasilitas rusak tersbut diganti dengan yang baru sedangkan sisanya masih menggunakan peralatan lama.

"Tiga tahun kebelakang ini, Bandung melaksanakan upgrade service bertahap untuk perbaikan traffic light. Semuanya itu ada bantuan dari APBN dan APBD yang nantinya akan dilaksanakan oleh Dishub," ujar Yudiana saat Bandung Menjawab di ruang media, Balaikota Bandung, Kamis (21/5).

Ada beberapa titik di Bandung yang melakukan upgrade service traffic light, kata Yudiana, titik itu meliputi sepanjang jalan Soekarno Hatta, dari mulai Cibereum ke Gedebage dan dari jalur tengah dari Ahmad Yani, Supratman sampai Cibereum. Sedangkan jalur utara akan berpusat di Cicaheum dan ia masih mengharapkan ada bantuan dari APBN untuk mendapatkan peralatan baru.
"Kawasan Jalan Riau juga yang sampai saat ini sedang dalam proses perbaikan trotoar, tak luput dari ini, untuk perbaikan traffic light nya,"imbuhnya.

Ia juga menambahkan bahwa idealnya di Kota Bandung memiliki 137 traffic light di persimpangan jalan.

Selain melaksanakan upgrade perbaikan dan perawatan traffic light, Yudiana juga akan mengganti lokasi yang awalnya menggunakan bantuan lampu pijar dan diganti dengan lampu LED. "Kita akan upayakan lampu pijar untuk bertahap digantikan dengan LED,"ungkapnya.

Untuk anggaran upgrade perbaikan dan perawatan traffic light serta pengadaan LED, Yudiana mengatakan bahwa di tahun ini ada alokasi sebesar 4 Milliar.


CCTV
Sementara itu, untuk dana pengadaan CCTV sendiri, dia menerangkan bahwa mendapatkan bantuan APBD sekitar 18 Milliar. Dana itu akan dianggarkan untuk pemasangan CCTV di 150 titik di kota Bandung.

Untuk proses lelang dari pengadaan 150 CCTV, kata Yudiana diharapkan agar bulan Juli sudah dimulai dan sekarang ini sudah mulai dalam tahap proses dokumentasi lelangnya.

Ia mengharapkan agar 150 CCTV bisa dipasang tahun ini, karena dengan jumlah sebanyak itu menurutnya bisa menjangkau di persimpangan jalan Kota Bandung. Yudiana juga rencannya akan memasang CCTC di beberapa lokasi seperti di shelter-shelter dan terminal.

"Itu sangat bisa membantu transportasi kenyamanan Kota Bandung dan kenyamanan para pengguna angkutan Kota Bandung. Sehingga bisa terpantau tindak kejahatan di Bandung," pungkasnya. (cev/bw)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama