» »Unlabelled » Kurnia Agustina : Kabupaten Bandung Salah Satu Kabupaten Termaju di Jawa Barat

SOREANG - Penasihat DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kabupaten Bandung Hj.Kurnia Agustina Dadang M.Naser meminta DWP Kabupaten Bandung dalam menjalankan kegiatannya disisipi program-program yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Bandung.

Seperti diketahui, IPM Kabupaten Bandung tahun 2014, menurut perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bandung mencapai 75,69 point. "Angka ini merupakan pencapaian IPM tertinggi di Jawa Barat untuk pemerintahan kategori kabupaten", ujar Kurnia Agustina disela-sela kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) Ke-3 Kabupaten Bandung Tahun 2015, yang berlangsung di Gedung Dewi Sartika Soreang, Selasa (19/05/2015).

Kurnia Agustina menilai, Kabupaten Bandung merupakan salah satu kabupaten termaju di Jawa Barat. Dengan demikian, Kurnia sangat berharap kemajuan yang telah ada ini tertunjang pula oleh program-program yang ada di DWP Kabupaten Bandung.

"Saya harap program yang akan dirumuskan di masa mendatang, dapat bersinergi dengan seluruh SKPD serta mengerucut pada peningkatan IPM Kabupaten Bandung", ucap Nia, sapaan akrab istri Bupati Bandung ini.

Dikatakan Nia, penganggaran program DWP ada di bawah naungan BKBPP (Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan) Kabupaten Bandung, dimana instansi tersebut banyak menjalankan program-program kegiatan terkait dengan kesehatan, yang merupakan salah satu indikator penunjang IPM.

Menyikapi pentingnya perlindungan terhadap reproduksi wanita, Nia meminta agar DWP bisa berkoordinasi dengan BKBPP untuk memasukan program-program kesehatan wanita salah satunya seperti pemeriksaan Pap Smear.

Menurut Nia, Pap Smear sangat penting bagi wanita, sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh wanita khususnya yang sudah berkeluarga dan pernah melahirkan.

"Tes pap smear dapat menyingkapkan apakah ada infeksi, radang, atau sel-sel abnormal pada diri wanita. Melakukan papsmear secara teratur bisa mendeteksi penyakit yang sangat mematikan seperti kanker serviks", kata Nia seraya menambahkan informasi tentang papsmear ini bisa dimasukan dalam program-program DWP seperti seminar konsultasi kesehatan.

Disamping itu, tambah Nia program seperti PAUD, sekolah binaan serta pembinaan terhadap UMKM-UMKM yang ada di Kabupaten Bandung bisa menjadi sasaran program DWP yang lainnya, "Yang nanti pada akhirnya seluruh program DWP ini akan ikut memengaruhi peningkatan IPM Kabupaten Bandung di masa mendatang", pungkasnya pula.

Hasil Musda Ke-3 memutuskan secara aklamasi, memilih kembali Hj.Windar Sofian Nataprawira untuk menduduki jabatan sebagai Ketua DWP Kabupaten Bandung periode 2015-2020.

"Peranan wanita sangat penting terhadap peningkatan ethos kinerja suaminya. Program-program yang kita rumuskan dalam Musda ini, pada hakikatnya sebagai media penunjang agar kita sebagai seorang istri bisa berperan maksimal saat mendampingi suami bekerja", ucap Windar Sofian. (al/cev)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama