» » Pemkot Bandung Hadiri Rakernas APEKSI dan Indonesia City Expo ke-13 di Kota Ambon

BANDUNG - Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil sebagai ketua Komwil III Apeksi beserta istri, Wakil Wali Kota Bandung, Oded M.D beserta istri, Asisten Pemerintahan Pemkot Bandung, Meivy Adha Krisnan, beberapa Kepala SKPD dilingkungan pemerintahan Kota Bandung, menghadiri rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Indonesia City Expo (ICE) ke-13 tahun 2015, Kamis (07 /05/2015).

Dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Rakernas dengan tema "optimalisasi kemaritiman nasional dalam rangka mendorong pembangunan infrastruktur kota dan kota pantai", dilaksanakan mulai tanggal 6 - 10 Mei 2015 di di The Natsepa Resort and Conference Center, Jalan Natsepa Raya No.36, Suli Salahutu - Maluku Tengah, Ambon.

Dikatakan Presiden, bahwa setiap kota di Indonesia berbeda-beda dengan keunggulannya masing masing, maka kota-kota di Indonesia haruslah mempunyai Identitas yang dapat ditonjolkan, "Setiap kota di Indonesia haruslah mempunyai identitas dari kelebihan yang di tonjolkan kota masing-masing, menjadi kota heritage, menjadi kota maritim, kota smartcity, dan lainnya,"

Lebih lanjut untuk memajukan kota-kota di Indonesia, Presiden menjanjikan akan memberikan sekitar 100 milyar setiap tahun bagi setiap kota untuk mendorong pembangunan yang akan diberikan melalui inpres-inpres berdasarkan usulan dari kota, "Kurang lebih seratus milyar akan diberikan untuk Kota-kota untuk menginjeksi potensi kota itu,"

Walikota Bandung menyambut baik rencana Presiden tersebut, "Indonesia bisa hebat jika walikota - walikotanya kompak, ditambah lagi bapak presiden tahu betul permasalahan yang dihadapi kota karena mantan walikota, dan berita baiknya presiden akan memberikan bantuan untuk kota seratus milyar tiap tahunnya, ini akan sangat membantu banyak kota-kota yang pendapatannya biasanya habis untuk belanja pegawai," kata Ridwan.

Berkaitan dengan tema Rakernas, Asisten Pemerintahan Pemkot Bandung, Meivy Adha Krisnan menjelaskan dampak bahasan rakernas khususnya bagi Kota Bandung.

"Dalam Apeksi ini kita berkumpul seluruh wali kota, penentuan tema diambil dari pusat, dan tema yang diambil pada apeksi ini kemaritiman tapi bagi kota yang tidak punya lautpun dibahas bagaimana perbaikan infrastrukturnya, yang mana kota yang mempunyai laut dapat terhubung dengan kota yang tidak mempunyai laut," terang Meivy.

Lebih lanjut dikatakan Meivy, "Untuk Kota Bandung dampaknya hasil-hasil olahan laut untuk sampai di kota-kota membutuhkan infrastruktur yang harus dibangun, Bandung salah satu kota besar yang menjadi tujuan kemaritiman tersebut dan medistribusikan ke daerah sekitar, dan hasil dari rakenas ini akan betul-betul kita manfaatkan.

Sehari sebelumnya para peserta Rakernas disambut dengan Welcome Dinner APEKSI yang ditandai dengan penyerahan bibit pohon oleh Asisten Pemerintahan Pemkot Bandung, Meivy Adha Krisnan kepada Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, SH.

Usai diselenggarakan rakernas, Wakil Walikota Bandung, Oded M.D menyempatkan diri mengunjungi pameran Indonesia City Expo yang merupakan pekan promosi Kota-kota seluruh indonesia, pemerintah Kota Bandung mengisi beberapa stand pada pameran tersebut.

Berbagai kegiatan lainnya yang dilaksanakan pada pekan promosi kota di Indonesia diantara lain Rakernas Apeksi 6-7 Mei 2015, pameran ICE 6 – 10, Ladies Program 6 Mei 2015, City Tour kota Ambon dan penanaman pohon khas kota pada 7 Mei. Selain itu pagelaran seni budaya nusantara, Pawai yang akan diikuti seluruh peserta baik Wali kota, Wakil Wali kota dan pendamping. (cev/ly)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama