» » PNS Kabupaten Bandung Bertambah 362 Orang

KAB. BANDUNG - Sebanyak 362 CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Daerah Formasi Tenaga Honorer Kategori II Tahun 2014 lingkup Pemerintah Kabupaten Bandung menerima Surat Keputusan (SK) Bupati Bandung Nomor 573 Tahun 2014 Tentang Pengangkatan CPNS, dari Pemerintah Kabupaten Bandung.

Penyerahan SK tersebut dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Ir.H.Sofian Nataprawira, MP di Gedung Mochamad Toha Soreang, Rabu (06/05/2015).

Hadir Kepala BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) Kabupaten Bandung, Drs.Erick Juriara Ekananta, M.Si beserta unsur jajaran SKPD lingkup Pemkab Bandung.

Kepala Bidang Mutasi BKPP Kabupaten Bandung Dra.Eka Anugrah menjelaskan penyerahan ini merupakan tahap kedua, setelah sebelumnya di tahap ke satu sebanyak 152 CPNS telah menerima SK tersebut dan disetujui Nomor Induk Pegawainya (NIP) oleh Badan Kepegawaan Negara (BKN).

Eka Anugrah menambahkan berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Republik Indonesia Nomor FH2/189/M.PAN-RB/03/2014 tanggal 28 Maret 2014 Perihal Tambahan Alokasi Formasi CPNS Tahun Anggaran 2013 dan 2014 dari tenaga honorer kategori II.

Disebutkan bahwa sesuai pertimbangan teknis Kepala BKN Nomor K.26-30/V36-1/93 tanggal 26 Maret 2014 Perihal Pertimbangan Tambahan Alokasi Formasi Tahap Ke-dua Tahun Anggaran 2013 dan 2014. "Menteri PAN-RB memberikan persetujuan tambahan alokasi formasi CPNS Daerah Kabupaten Bandung Tahun Anggaran 2013 dan 2014 dari tenaga honorer kategori II berdasarkan hasil/kelulusan seleksi berjumlah 1.013 orang", ucap Eka Anugrah.

Namun berdasarkan hasil evaluasi dan verifikasi administrasi SKPD, kata Eka tenaga honorer yang diusulkan penetapan NIP nya sejumlah 937 orang dan telah diusulkan kepada BKN.

"Pemeriksaan dokumen penetapan NIP dilakukan secara bertahap oleh BKN dan persetujuan NIP nya pun diberikan secara bertahap pula", tutur Eka seraya menyebutkan dari 362 CPNS tahap ke dua ini sebanyak 201 merupakan CPNS Golongan III, 145 orang Golongan II serta 16 orang Golongan I, terdiri dari 185 orang tenaga guru, 4 orang tenaga kesehatan dan 173 orang tenaga teknis administrasi.

Data BKPP Kabupaten Bandung menunjukkan, jumlah PNS di Kabupaten Bandung saat ini mencapai 19.786 orang. Dari jumlah tersebut, didominasi oleh guru sebanyak 13.049 orang, sisanya sebanyak 6.737 orang merupakan PNS Teknis.

"Hal inilah yang membuat Pemkab Bandung cukup kesulitan untuk membuka penerimaan PNS bagi tenaga honorer", kata Sofian Nataprawira saat membacakan Sambutan Tertulis Bupati Bandung.

Oleh karenanya, Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser dalam sambutannya berpesan, agar para CPNS yang sudah diberi SK ini dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Dan senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas Nikmat dan Karunia-Nya.

"Mengingat masih banyak saudara-saudara kita yang belum beruntung memperoleh kesempatan pekerjaan ini", ucap Sofian Nataprawira.

Sofian mengingatkan,status kepegawaian CPNS merupakan masa percobaan sebelum diangkat menjadi PNS, "Jika dalam masa status CPNS ini ternyata melanggar ketentuan yang berlaku, maka bisa jadi Saudara tidak lulus menjadi PNS", tegas Sofian pula.

Status CPNS yang saat ini disandang, lanjut Sofian belum tentu menjadi penentu seseorang bisa menjadi PNS. Sebab dalam Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) disebutkan CPNS bisa dibatalkan kelulusannya jika tidak lulus prajabatan.

"Untuk itu saya meminta agar setiap CPNS bisa terus meningkatkan kinerja, kedisiplinan dan kesiapannya dalam mengabdi dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kabupaten Bandung karena pada hakikatnya seorang PNS adalah pelayan masyarakat", imbuh Sofian.  (cev/al)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama