» »Unlabelled » Oded : Bank Sampah Ciptakan Kota Bandung Lebih Sehat

BANDUNG - Wakil Walikota Bandung, Oded M Danial membuka gerak jalan bersama yang di ikuti oleh Kimia Farma, LSM peduli lingkungan hidup, Hijau Lestari, dan Komunitas Bank Sampah Bandung saat Car Free Day di Jalan Ir H Juanda, Dago, Minggu (7/6).  Gerak jalan juga dilakukan dalam rangka merayakan  hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2015.

Selain itu juga, gerak jalan ini digelar untuk memperkenalkan Komunitas Bank Sampah Bandung sebagai sebuah gerakan yang digagas oleh para ibu rumah tangga yang dimotori juga oleh LSM Hijau Lestari. Gerakan ini tentunya juga sebagai upaya untuk menanggulangi sampah yang berada di tingkat RW.
           
LSM Hijau Lestari sendiri merupakan salah satu binaan dari Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung. Menanggapi hal itu, Oded mengatakan akan mensupport Hijau Lestari ini dengan komunitas bank sampahnya. Karena menurutya, untuk menggerakan masyarakat agar peduli lingkungan itu butuh proses, dan diharapkan Hijau Lestari dapat menyadarkan peduli lingkungan kepada masyarakat.

"Ini artinya hijau lestari sudah memberikan kontribusi untuk bangsa ini, bagaimana mereka berkiprah dalam penanganan sampah. Yang namanya menggerakan masyarakat untuk peduli lingkungan itu butuh proses," ujarnya di CFD Dago.
           
Ia juga menambahkan bahwa Pemerintah Kota Bandung sangat memberikan dukungan penuh terhadap gerakan bank sampah ini. Dengan salah satunya mengadakan pembinaan hampir di atas 200 lebih titik Bank Sampah.
           
"Bahkan saya juga kerjasama dengan Bank Jabar untuk memberikan support apa yang dibutuhkan mereka seperti mobil kendaraan pengangkut sampah dan alhamdulillah kita sudah berikan kepada mereka,"ungkapnya,
           
Oded juga menuturkan, jika 200 titik bank sampah dari binaan hijau lestari ini telah memiliki potensi ekonomi yang luar biasa. Potensi ekonomi itu berbentuk tabungan yang nantinya digunakan sebagai salah satunya untuk mengelola sampah.
           
"Ekonomi mereka cukup meningkat dengan adanya bank sampah ini dan mereka sudah memiliki bank sampah di satu RW itu hampir di atas 20 sampai 30 juta tabungan dananya,"imbuhnya.
           
Dengan adanya komunitas peduli lingkungan hidup ini, Oded mengharapkan agar semua aspek yang sangat peduli lingkungan dapat berkolaborasi untuk menciptakan Bandung yang lebih sehat.
           
"Mari kita bersama berkolaborasi mulai dari Pemkot, hijau lestari, dan kelompok peduli lingkungan lainnya untuk bersama membersihkan Bandung dan menciptakan lingkungan sehat di Bandung,"tandasnya. (#cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama