» »Unlabelled » Oded : Satpol PP harus Tingkatkan Pengamanan Penegakan K3

BANDUNG - Memasuki hari ke-5 bulan suci Ramadhan 1436 H, Wakil Walikota Bandung, Oded M Danial menginstruksikan kepada semua jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung  untuk meningkatkan pengamanan dalam penegakan K3 di Bandung.

Menurutnya, selama bulan Ramadhan dipastikan penyimpangan masyarakat akan meningkat seperti ketertiban PKL dan PMKS. Maka dari itu, ia mengatakan kepada Satpol PP Bandung bahwa harus memaknai bulan Ramadhan ini dengan sahrul jihad atau bulan kesungguhan dalam menegakan keamanan selama bulan puasa.

"Bahwa dengan meningkatnya PKL perlu juga meningkatkan kinerja. Ramadhan ini sahrul jihad, bulan kesungguhan dan Satpol PP sedang diuji dalam Ramadhan ini untuk penegakan ketertiban,"ujarnya seusai memimpin apel gelar pasukan pengamanan Bulan Suci Ramadhan 1436 H Satpol PP di Jalan Dalem Kaum, Senin, (22/6).

Untuk mengukur kinerja Satpol PP selama Ramadhan ini terlihat bekerja, Oded akan melihat pada indikator laporan masyarakat apakah dari laporan tersebut masyarakat mengatakan Satpol PP masih tidur atau mereka responsif. Namun Oded menghimbau agar dalam penegakan K3, Satpol PP harus mengedepankan komunikasi yang baik dengan masyarakat tanpa harus berlaku kasar.

"Saya tidak ingin ada lagi asumsi masyarakat kalau Satpol PP ini masih tidur dan lemah selama bulan Ramadhan. Dalam penegakan harus tegas tapi jangan kasar, tetap ada unsur komunikasi dengan masyarakat harus berjalan baik,"ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Eddy Marwoto mengatakan saat di bulan Ramadhan ini ada peningkatan dari jumlah PKL dan PMKS. Maka dari itu Eddy akan melakukan pengamanan yang berlangsung selama 27 hari yang terhitung mulai dari Senin, 22 Juni hingga 18 Juli 2015. Pengamanan tersebut melibatkan 30 regu yang terdiri dari 32 personil.

"Ada peningkatan jumlah PKL, PMKS dan meningkatnya pelanggaran.  Saya berupaya agar umat muslim di Kota Bandung untuk bisa melaksanakan puasanya itu dengan nyaman, tertib dan indah,"ucapnya.

Eddy juga menambahkan jika pengamanan tersebut akan berlangsung di 39 titik yang menyebar di sepuluh tempat. Sepuluh tempat tersebut meliputi Kawasan Taman Alun-alun, Jalan Dalem Kaum, Jalan Kepatihan, Dewi Sartika, Otista (depan pasar baru), Kawasan Taman Tegallega, Cikapundung Timur, Braga, Merdeka (depan BIP) dan kawasan kewilayahan di 30 kecamatan.

Selain itu juga, untuk semakin menjaga keamanan dan kenyamanan bulan puasa, ia akan mendirikan pos tenda-tenda di kawasan-kawasan yang rawan tersebut. Nantinya akan ada beberapa petugas yang bertugas untuk memberikan sosialisasi dan himbauan dan menindak jika ada pelanggaran K3 di tempat tersebut.
           
"Dibulan Ramadhan ini, saya ingin Bandung tetap berjalan dengan tertib, indah, nyaman dan kondusif. Tidak terganggu dengan kondisi  seperti rutinitas setiap tahun dari PKL PMKS dan lainnya,"pungkasnya. (cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama