» » Pemimpin Harus Miliki Rasa Cinta Terhadap Masyarakat

Pemimpin Harus Miliki Rasa Cinta Terhadap Masyarakat

SOREANG - Sebagai mitra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, hal terpenting yang perlu diketahui Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) adalah agenda prioritas program-program pembangunan di wilayah Kabupaten Bandung.

Dengan mengetahui hal itu, PKK dapat mengambil peran strategis dalam mensukseskan pembangunan peningkatan kesejahteraan dalam berbagai bidang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Bandung, Asep Kusumah, S.Sos, M.Si pada saat berlangsungnya kegiatan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua TP PKK Kecamatan di Rumah Jabatan Bupati Bandung, Jumat (29/05/2015).

Hadir sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah, PKK Kecamatan dan TP PKK Desa di wilayah Kabupaten Bandung. Langkah awal yang mesti dilakukan, kata Asep Kusumah adalah memahami benar visi misi yang telah dituangkan dalam visi misi Pemkab Bandung.

Dalam visi misi tersebut, menurut Asep ada dua pendekatan yang harus menjadi acuan saat PKK akan melaksanakan program kegiatannya, yakni melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan pemantapan pembangunan perdesaan.

"Metode tersebut menempatkan desa menjadi locus, focus dan ujung tombak pembangunan. Kerangka fikir ini yang harus difahami benar oleh seorang Ketua TP PKK, baik di tingkat kecamatan maupun desa saat menjalankan tugas pokok dan fungsinya", jelas mantan Camat Cileunyi ini.

Menyikapi pembangunan Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja) yang diperkirakan akan dilakukan pada awal September tahun ini, menurut Asep menjadi suatu peluang usaha yang dapat dimanfaatkan gerakan PKK dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan masyarakat.

Pembangunan tol ini sedikitnya akan melewati beberapa wilayah di Kabupaten Bandung, diantaranya Kecamatan Margaasih, Kutawaringin, Katapang dan Soreang. Program pemerintah ini harus bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh siapapun termasuk PKK Kabupaten Bandung.

"Saya yakin, setiap wilayah mempunyai potensi unggulan dalam berbagai bidang. Terutama bagi wilayah yang terlewati akses jalan tol Soroja ini, menjadi kesempatan PKK untuk meningkatkan kesejahteraan melalui peluang usaha", imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Asep pun mengingatkan ketika Ketua PKK ini berbaur ditengah masyarakat, hal yang perlu ditanamkan dalam jiwa seorang pemimpin adalah rasa cinta kepada masyarakat. "Karena dengan rasa cinta, akan mendorong tumbuhnya perhatian dan rasa empaty terhadap semua keluh kesah warganya", ucapnya.

Dalam kegiatan pelantikan ini menetapkan, kepengurusa TP PKK Kabupaten Bandung menetapkan Ny.Herti Fatiawati Indra, menjadi Ketua TP PKK Kecamatan Katapang, Ny.Sri Herti Pertamawati Solihin, sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Cilengkrang, sementara Ketua TP PKK Kecamatan Rancabali diduduki oleh Ny.Windi Tresna Purwanti Purnama serta Ketua TP PKK Kecamatan Dayeuhkolot, diduduki oleh Ny.Rina Nurjanah Adjat. (cv)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama