» »Unlabelled » Cadangan 5 Persen Percepat Pengisian Kuota Haji

JAKARTA - Reformasi pelayanan pelunasan haji yang dijalankan pemerintah tahun ini terbukti mampu mempercepat pengisian kuota nasional. Kebijakan penerapan cadangan 5 persen dalam sistem pelunasan haji dapat mempercepat pengisian kuota nasional.

"Cara pelunasan tahun ini dengan dua tahapan plus memberikan cadangan 5 persen ternyata cukup efektif. Artinya, tahun lalu kita kalang kabut kalau masih ada sisa kuota nasional dan bingung menyalurkannya sekarang tidak lagi begitu. Tahun lalu yang ruwet itu saat di tahapan ke lima dan keenam di mana kita harus menyisir satu persatu jemaah yang mestinya tidak siap berangkat namun masuk daftar urut antrian, lalu kita tawarin mau berangkat apa nggak. Mereka mau berangkat cuma persiapannya tidak 100 persen," tuturnya.

Sambung dia, tiap hari dilakukan aparatur Kementerian Agama di tingkat terbawah di Kantor Urusan Agama sampai ke pelosok pelosok daerah agar calon jemaah haji yang berdasarkan nomor urut porsi berhak berangkat bisa secepatnya melunasi ongkos haji. "Seperti Makassar, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur bahkan sampai Papua. Ini terpaksa kita tawarin begitu, karena sisa kuotanya masih banyak. Itu kan tidak bagus," keluh Abdul Djamil. (ali)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama