» »Unlabelled » Jelang Lebaran, Disdukcapil Awasi Pergerakan Penduduk

BANDUNG - Menurut  Kepala Bidang Pengendalian Disdukcapil Kota Bandung, Edi Razali Zein, menjelang hari raya Idul Fitri ia beserta jajarannya akan melakukan pengawasan dan sosialisasi terkait pergerakan penduduk yang khususnya akan kembali sementara ke kampung halamannya. Karena menurutnya eksodus pergeraka penduduk itu cukup signifikan.

"Jadi kita perlu melakukan upaya-upaya pengawasan maupun sosialisasi agar nanti mereka dalam perjalanan membawa identitas yang bersangkutan,"ujarnya saat Bandung Menjawab di ruang media Balaikota Bandung, Kamis (9/7).

Katanya juga pergerakan penduduk selama pulang kampung akan terlihat secara sporadis diberbagai wilayah Bandung. kemudian ia pun menambahkan saat jalur kedatangan atau arus balik ke Bandung akan tetap dilakukan sosialisasi dan operasi.

Dengan adanya operasi pasca Lebaran, Edi dapat mengawasi setiap pendatang baru yang dibawa oleh apra pemudik untuk dapat dilihat identitas dan tujuan datang ke Bandung.

"Apabila mereka (pemudik) membawa teman-teman dan saudaranya, saya harapkan yang jelas tujuannya dan jelas identitasnya,"ungkapnya.

Sementara itu menurut, kasie sosialisasi administrasi kependudukan disdukcapil bandung, Wuryani, dalam rangka pra dan pasca lebaran akan ada program khusus yaitu sosialisai di beberapa titik luar dan masuknya ke Kota Bandung.

"Kita akan sosialisasi di titik keramaian atau titik yang merupakan pintu masuk dan luar di Kota Bandung,"imbuhnya.

Sosialisasi lebaran akan dilakukan selama dua hari mulai dari tanggal 13 Juli hingga 14 Juli 2015. Dalam sosialiasi itu ia menekankan kepada masyarakat ketika pulang yang membawa kerabat yang siap bekerja di Bandung agar dilengkapi dokumen lengkap.

Akan ada lima titik sosialisasi di Bandung, kelima tempat tersebut meliputi, Stasiun Kiaracondong, Terminal Cicaheum, Terminal Leuwi Panjang, Stasiun Bandung dan Bandara Hussein Sastranegara.

Untuk pasca mudik lebaran, kata Wuryani akan ada kegiatan pengawasan yang dilakukan tanggal 25 dan 26 Juli 2015 kepada masyarakat yang tentunya akan kembali ke Bandung. (cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama