» » Pasca Kebakaran, 2016 Pasar Gedebage Akan Dijadikan Pasar Modern

Ridwan Kamil Dampingi Mendag Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Gedebage

BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil beserta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau lokasi kebakaran pasar Gedebage, jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Selasa (21/7/2015).

Sekitar pukul 06.30 Ridwan Kamil tiba lebih dulu dan langsung mengecek lokasi kebakaran. Tak lama berselang Ridwan mendampingi Mendag beserta rombongan bergerak langsung meninjau lokasi kebakaran kios sayur dan buah buahan yang hangus dalam kebakaran yang terjadu pada Senin dini hari (30/7/2015).

Ridwan mengatakan kebakakaran yang terjadi menurut kepolisian diduga adanya konsleting listrik. Disela peninjauan Ridwab pun berdialog lanssung dengan perwakilan para pedagang yang kiosnya terbakar dan akan dicarikan solusi dan langsung ditangani secepatnya.

"Kebakaran pasar Gedebage menurut dugaan pihak Kepolisian diduga ada konsleting listrik, insya Allah dalam tujuh hari 100 unit kios itu sudah terakomodasi di tempat baru lokasinya masih di Gedebage," Ujarnya.

Lebih lanjut Ridwan mengatakan dalam program jangka panjang sampai Desember 2015, seluas 14 hektar pasar modern akan dibangun di Gedebage.

"Memang sudah direncanakan 14 hektarnya akan dibangun pasar modern, dibawahnya pasar diatasnya apartemen rakyat," Kata Ridwan.

Solusi jangka panjang tersebut rencanannya akan dimulai pada semester awal 2016. Nantinya pasar tersebut akan mampu menampung jumlah pedagang sampai 4 kali lipat dari jumlah sekarang. Pedagang yang sama akan didahulukan dan akan ada tambahan populasi baru. Selain itu akan dibangun pula danau kecil yang berfungsi untuk mengatasi banjir daerah Gedebage.

Sementara itu dalam kunjungan ke pasar Gedebage Mendag mengaku ingin melihat secara langsung lokasi pasca kebakaran dan mengecek harga kebutuhan pokok.

"Saya ingin melihat secara langsung bagaimana lokasi kebakaran, sekaligus mengecek langsung harga kebutuhan bahan pokok pasca lebaran ini." Kata Mendag.

Mendag mengatakan dirinya telah berkoordinasi dengan Wali Kota bahwa pasar Gedebage tersebut akan dibangun lebih baik lagi. "Nanti pasar ini akan dibangun lebih baik lagi, berupa pasar tradisional yang dibangun dengan pendekatan yang lebih modern." Ujarnya.

Setelah meninjau lokasi kebakaran di Gedebage, Wali Kota, Mendag dan Gubernur mengunjungi pasar Caringin untuk meninjau dan mengecek kestabilan harga kebutuhan pokok pasca lebaran di pasar Caringin. (cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama