» » Kota Bandung Peringkat Tiga Kota Cerdas Indonesia

BANDUNG - Kota Bandung mendapat peringkat ke-3 dalam penghargaaan IKCI (Indek Kota Cerdas Indonesia) 2015, untuk kategori Kota dengan penduduk lebih dari 1 Juta jiwa.

Penghargaan diterima oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil, yang diserahkan oleh Direktur Investasi dan Manajemen Resiko PGN (Perusahaan Gas Negara) Wahid Sutopo,  pada acara malam penganugerahaan Penghargaan IKCI 2015 di Hotel Shangri La, Jakarta (13/08).
           
Setelah menerima penghargaan Wali Kota Bandung merasa bahagia atas apresiasi yang diberikan kepada Kota Bandung, sehingga mendapat peringkat 3. "Kita bekerjha seperti biasa tetapi kalau hal tersebut mendapat apresiasi ya, alhamdulillah, karena kita bekerja bukan mencari peringkat," ujarnya.
           
Wali kota menambahkan, meskipun Kota Bandung baru menerapkan kota cerdas semenjak awal tahun ini atau sekitar 8 bulan, tetapi sudah masuk nominasi 5 besar bahkan mendapat peringkat ke-tiga hal itu sungguh di luar perkiraan.
           
"Kota-kota lain sudah terlebih dahulu menerapkan kota cerdas ini, tetapi kita baru awal tahun ini menerapkannya, sehingga apresiasi ini patus kita syukuri," jelasnya.
           
Lebih lanjut dikatakannya target penerapan kota cerdas di Kota Bandung adalah di tahun ketiga masa pemerintahannya, sehingga mudah-mudahan di tahun depan Kota Bandung dapat memperbaiki peringkatnya.
           
"Target kita untuk kota cerdas ini adalah di tahun ketiga, sehingga mudah-mudahan tahun depan kita bisa lebih baik lagi," ujarnya.
           
Wali Kota Bandung juga mengatakan bahwa pelayanan di Kota Bandung yang berbasis ICT belum banyak, sehingga dirinya mendapat masukan dari KOMPAS agar bukan hanya pemerintah saja yang proaktif dalam masalah Kota Cerdas ini, tetapi masyarakat juga ikut serta pro aktif menggunakannya.
           
Ridwan kamil juga menambahkan untuk tahun depan, Kota Bandung merupakan salah satu dari lima kota yang dijadikan Kota percontohan oleh Kominfo pusat untuk mengembangkan Kota Cerdas.
           
"Tahun depan mudah-mudahan Kota Bandung dapat melakukan percepatan dalam kota cerdas ini, karena kita mendapat bantuan dari Kominfo sebagai salah satu kota percontohan pengembangan kota cerdas," pungkasnya.
           
Dalam IKCI 2015 ini ada 93 kota yang di survey, kemudian menghasilan 15 nominasi untuk masing-masing kategori, yaitu kategori penduduk sampai 200 ribu jiwa, antar 200 ribu sampai 1 juta jiwa dan diatas satu juta jiwa.
           
Berikut ini daftar juara IKCI 2015 untuk kota besar Surabaya, Tangerang, Bandung, Depok dan Semarang. Sedangkan untuk kota sedang, yogyakarta, Balikpapan, Surakarta, pontianak, dan Malang. Sementara itu untuk Kota Kecil Magelang, Madiun, Bontang, Mojokerto dan Salatiga.
           
Untuk Kota cerdas Ekonomi yaitu Magelang, Kota Cerdas Sosial Madiun dan Kota Cerdas Lingkungan adalah Surabaya. (cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama