» » Ridwan Kamil Launching Soca Bandung

BANDUNG - Dalam mewujudkan Bandung Smart City, seluruh elemen masyarakat dapat ikut berperan serta melalui cara-cara kreatif. Salah satu diantara bentuk dukungan tersebut datang dari Alumni ITB 74 yang mengembangkan aplikasi yang bernama Soca Bandung.

"Yang benar ini seperti mereka ini, peduli dan berkumpul untuk berbuat sesuatu untuk Kota Bandung, minimal ada benang merahnya sama sama membangun Bandung,"Ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menghadiri launching aplikasi SOCA dan Halal bi halal bersama Startup Bandung di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat (7/8/2015).

Lebih lanjut ridwan mengatakan perlu banyak anak muda atau orang orang kreatif untuk mendukung hal hal positif yang sifatnya dapat membangun Kota.

Soca Bandung sendiri merupakan aplikasi yang memiliki fungsi untuk pelaporan warga dan promosi kota oleh warga sehingga akan menjadi salah satu solusi cepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh kota Bandung.

Bagi para pengguna aplikasi Soca Bandung yang ingin melaporkan masalah yang sedang terjadi dapat langsung memilih tombol "Lapor". Dalam aplikasi tersebut terdapat halaman peringkat pengguna yang ditentukan berdasarkan banyaknya laporan yang diajukan dan diselesaikan.

Nantinya masalah yang dilaporkan warga tidak hanya tersimpan di penyimpanan awan aplikasi saja melainkan akan masuk juga ke Bandung Command Center sehingga penyelenggara pemerintahan kota Bandung dapat mengetahui dan mengatasi masalah yang dihadapi oleh warga secara realtime.

Laporan yang diajukan warga nantinya tidak hanya masuk ke Bandung Command Center melainkan akan langsung terintegrasi juga dengan aplikasi LAPOR yang dimiliki oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).

Selain itu, aplikasi juga memiliki fitur promosi yang dapat diakses melalui tombol "Promosi". Dengan menggunakan fitur tersebut penggunanya dapat mengambil foto dan mempromosikan keindahan kota Bandung.

Selain menghadiri launcing Soca Bandung Ridwan pun berhalal bi halal dengan komunitas startup Bandung sekaligus menjadi pembicara dan menyemangati para anak muda Bandung untuk terus berkreasi untuk mendukung mewujudkan Bandung Smart City.

Ridwan berharap agar pelaku kreatif harus lebih pro aktif menyampaikan apa yang hendak dilakukan dan hal hal yang dibutuhkan.

"Untuk komunitas startup dan pelaku lainnya coba sampaikan apa yg harus saya lakukan. Kalau ga dibicarakan pasti ada logika logika yang saya tidak sampai, sampaikan secara konsep," Pungkasnya. (Cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama