» » Ridwan Kamil Tinjau Sungai Cicadas Baru

BANDUNG - Setelah mengunjungi Kecamatan Coblong, dua hari yang lalu,  Walikota Bandung Ridwan Kamil kembali melakukan kunjungannya di daerah Kecamatan Buah Batu, Jumat (7/8). Turut hadir juga Kepala Dinas DBMP, Diskominfo, Dirut PD Kebersihan, Lurah serta Kepala Satpol PP.

Kunjungan Ridwan Kamil tersebut dilakukan agar cepat menyerap aspirasi warganya dan segera memberikan tindakan secara langsung. Hal itu terbukti dengan banyaknya keluhan warga yang disampaikan kepadanya di Kantor Kecamatan Buahbatu.

Walikota yang sering blusukan menggunakan sepeda itu mengatakan setelah dipaparkan permasalahannya, ternyata kebanyakan masalahnya terjadi di infrastruktur seperti jalan yang tidak ada gorong-gorongnya sehingga banjir dan sungai yang banyak sampah.

Maka untuk melihat situasi kondisi itu, ia bersama rombongan dan Camat Buahbatu bersepeda untuk melihat kondisi sungai Cicadas Baru yang berada di Cijawura Hilir RW 12, Kecamatan Buahbatu.

Kondisi sungai yang berdekatan dengan Tol Buahbatu ini penuh dengan tumpukan sampah. Hal itu juga membuat pria yang kerap dipanggil Emil untuk sigap memberikan solusinya.

"Kita bisa lakukan cepat penggerukan manual untuk sungai Cicadas Baru. Ternyata pas diketahui sumber banjirnya, gara-gara aliran menembus jalan tol-nya terlalu rendah,"ujarnya.

Ia juga menginstruksikan kepada Camat Buahbatu Hendrawan Setia Wiwaha, untuk ada tempat sampah di sepanjang sungai yang dipenuhi oleh rumah warga. Nanti setelah sampah itu tidak dibuang sembarangan, akan ada triseda yang dari dana PIPPK untuk mengangkut sampah tersebut.

"Mudah-mudahan ada perubahan sehingga pas musim penghujan tidak terjadi banjir gara-gara penumpukan sampah,"ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan sudah menugaskan tim dari DBMP untuk dibulan kemarau ini segera menggeruk sungai-sungai, agar musim penghujan tidak ada masalah yang diakibatkan sampah.

Taman Pluto

Selain meninjau sungai Cicadas Biru, Taman Pluto yang berada di sekitar Margahayu juga tak lupa ia kunjungi. Kawasan itu menjadi titik perhatian buat dirinya, karena kondisinya yang tidak terurus dan sering banjir saat hujan besar datang.

Ridwan Kamil pun mengutarakan jika taman tersebut tidak diminati warga karena tidak di desain dengan baik. Ia pun segera mengambil secarik kertas dan spidol untuk menggambar konsep membenahi taman tersebut.

Dirinya menjelaskan didalam gambarnya kepada Camat Buahbatu dan Kepala DBMP, Zulkarnaen jika dibawah taman tersebut akan dibangun penampungan air.

"Nanti taman itu akan kita bikin bassement air, buat parkir air. Tapi diatasnya ada tempat bermain buat warga. Bassementnya d isi pas musim penghujan untuk menampung air,"imbuhnya.

Tempat terakhir yang menjadi destinasi "sapa warga" berada di komplek sanggar hurip. Sambil bersantap makanan yang dihidangkan oleh warga disana, Ridwan Kamil bersama rombongan mendengarkan satu persatu keluhan warga.

Ia menjelaskan jika sumber masalah sudah didapatkan ia akan mengkoordinasikannya dengan dinas-dinas terkait. Ia pun mengharapkan kepada warga bersabar karena perubahan itu ada yang terjadi dengan cepat dan ada pula yang dalam proses membutuhkan waktu. (cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama