» »Unlabelled » Ini 4 Keutamaan Shalat Ashar, Sayang Bila Terlewatkan

SHALAT ASHAR merupakan satu shalat yang perlu sekali kita perhatikan, jangan sampai terlambat apalagi bablas dalam melaksanakannya.

Setidaknya ada 4 keistimewaan dan keutamaan shalat Ashar, berikut ulasannya:

1. Amalan yang mengantarkan ke surga

"Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga." (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635).

"Barangsiapa mengerjakan shalat pada dua waktu dingin (shubuh dan ashar), maka dia akan masuk surga." (HR. Al-Bukhari no. 540 dan Muslim no. 1005)

"Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'." [QS. Al-Baqarah [2]: 238]

Menurut pendapat yang paling tepat, yang dimaksud dengan "shalat wustha" dalam ayat di atas adalah shalat ashar. Hal ini berdasarkan hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ketika terjadi perang Ahzab,

"Mereka (kaum kafir Quraisy) telah menyibukkan kita dari shalat wustha, (yaitu) shalat ashar."

2. Tidak melaksanakan shalat Ashar akan terhapus amalannya dan seolah-olah telah kehilangan keluarga dan hartanya

"Barangsiapa meninggalkan shalat Ashar, maka terhapuslah amalannya" (HR. Bukhari no. 594).

"Orang yang terlewat (tidak mengerjakan) shalat ashar, seolah-olah dia telah kehilangan keluarga dan hartanya." HR. Bukhari no. 552 dan Muslim no. 200, 626.

3. Pembeda diri dari orang munafik

"Itulah shalatnya orang munafik, (yaitu)duduk mengamati matahari. Hingga ketika matahari berada di antara dua tanduk setan (yaitu ketika hampir tenggelam, pent.), dia pun berdiri (untuk mengerjakan shalat ashar) empat raka'at (secara cepat) seperti patukan ayam. Dia tidak berdzikir untuk mengingat Allah, kecuali hanya sedikit saja." HR. Muslim no. 622.

4. Shalat yang disaksikan oleh malaikat

"Para malaikat malam dan malaikat siang silih berganti mendatangi kalian. Dan mereka berkumpul saat shalat subuh dan ashar. Kemudian malaikat yang menjaga kalian naik ke atas hingga Allah Ta'ala bertanya kepada mereka -dan Allah lebih mengetahui keadaan mereka (para hamba-Nya)-, "Dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaKu?" Para malaikat menjawab, "Kami tinggalkan mereka dalam keadaan sedang mendirikan shalat. Begitu juga saat kami mendatangi mereka, mereka sedang mendirikan shalat." (HR. Al-Bukhari no. 555 dan Muslim no. 632)

In syaa Allah kita termasuk bagian dari orang beruntung yang dapat melaksanakan shalat Ashar tepat waktu dan terus memeliharanya hingga akhir hayat. Aamiin. (ummi-online.com/publikaNews)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama