» »Unlabelled » Jelang Masa Puncak, Petugas Haji Wajib Pakai Seragam

MAKKAH - Masa puncak penyelenggaraan ibadah haji 2015 sudah akan dimulai. Mulai hari ini, Selasa (22/09), jemaah haji Indonesia akan sudah mulai diberangkatkan menuju Arafah. Proses wukuf di Arafah akan dilaksanakan pada Rabu (23/09) besok.

Untuk memastikan pelayanan jemaah haji tetap berjalan dengan baik dan lancar, Kasubdit Pembinaan Petugas Haji Khoirizi meminta para petugas haji untuk tampil di depan pada puncak haji dengan tetap mengenakan pakaian seragam. Penggunaan pakaian seragam ini dimaksudkan agar para petugas lebih mudah dikenali jemaah, terutama mereka yang membutuhkan pelayanan.

"Ini saya tekankan, pada saat ARMINA, petugas wajib menggunakan seragam," tegas Khoirizi di Daker Makkah, Selasa (22/09).

"Yang sudah berhaji mulai saat wukuf bergerak dari Makkah sampai kembali lagi ke Makkah, dia tetap menggunakan seragam. Yang akan berhaji selesai melontar jumrah aqabah, dia harus menanggalkan ihramnya untuk menggunakan pakaian seragam," tegasnya lagi.

Menurutnya, petugas PPIH Arab Saudi 2015 akan diuji pada saat pelaksanaan wukuf, Muzdalifah, dan Mina. Di situ akan terlihat sejauh mana komitmen yang telah diberikan selama ini terhadap jamaaah untuk dapat memberikan perlindungan pelayanan dan pembinaan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan, menurut Khoirizi, adalah dengan berani tampil dengan identitasnya sebagai petugas yang menggunakan pakaian seragam petugas PPIH yang identik dengan baju putih, bawahan hitam, dan dipadu dengan lambang-lambang merah putih dan tanda pengenal yang jelas. "Sehingga saat pelontaran, jemaah dapat dengan mudah menemukan siapa petugas yang sesungguhnya," terangnya.

Pada tahun ini, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengeluarkan kebijakan bahwa para petugas yang sudah berhaji agar tidak berhaji sehingga bisa fokus pada tugas pelayanan, perlindungan, dan pembinaan jemaah haji. (al/ag)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama