» »Unlabelled » Jelang Puncak Haji, 137.749 Jemaah Haji Indonesia Sudah di Makkah

MAKKAH - Dua hari lagi, pada tanggal 17 September, akan datang kloter terakhir ke Tanah Suci. Sampai hari ini jumlah jemaah haji Indonesia yang datang ke Makkah sudah mendekati titik kulminasi.

"Jadi jemaah dan petugas haji Indonesia yang sudah berada di Makkah Al Mukarramah sampai dengan pagi ini berjumlah 137.749 orang tergabung dalam 331 kloter," ujar Kepala Seksi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Reza Muhammad Marzal, Selasa (15/09).

Kuota jemaah haji Indonesia berjumlah 168.800 orang. Jemaah dibagi dua, sebanyak 13.600 untuk haji khusus dan 155.200 orang untuk haji reguler. Makkah, terutama Masjidil Haram, akan semakin padat oleh jemaah haji dari seluruh dunia.

Setelah tanggal 17 September yang merupakan batas akhir masuk Tanah Suci diperkirakan ada 2-3 juta jemaah haji yang berkumpul di Makkah.

Sesuai sidang isbat, Arab Saudi menetapkan Idul Adha pada tanggal 24 September 2015. Dengan demikian wukuf akan berlangsung pada tanggal 23 September 2015.

Lebih lanjut, jumlah total jemaah haji yang wafat di Tanah Suci sudah mencapai 82 orang. Dari jumlah itu termasuk di dalamnya 10 orang yang wafat karena insiden crane di Masjidil Haram.

Jemaah haji yang wafat hajinya akan dibadalkan oleh pemerintah. Berikut kriteria jemaah haji yang dibadalkan oleh pemerintah tanpa biaya tambahan sepeserpun:

1. Meninggal dunia di asrama haji, dalam perjalanan dan meninggal di Arab Saudi sebelum wukuf.
2. Sakit tergantung alat atau di ICCU atau tidak mampu disafariwukufkan.
3. Mengalami gangguan jiwa, sesuai keterangan tim kesehatan.

Petugas haji yang akan membadalkan terdiri dari tenaga musiman di Arab Saudi. Ada beberapa kriteria orang yang boleh membadalhajikan orang, yakni:

1. Mengajukan permohonan dan dilakukan seleksi oleh tim.
2. Sudah haji dan membuat pernyataan tidak sedang membadalkan orang lain.
3. Melaksanakan tugas dengan amanah dan dapat dipertanggungjawabkan. (al/ag)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama