» »Unlabelled » Korban Keracunan Massal 178 Orang, Satu Meninggal

Walikota Bandung Menjenguk Korban Keracunan Massal

BANDUNG - Walikota Bandung Ridwan Kamil menjenguk korban keracunan massal di RSUD Ujungberung Jalan Rumah Sakit, Ujung Berung, Rabu (23/09/15). Warga ujungberung yang mengalami keracunan massal terjadi usai menyantap makanan hajatan khitanan yang digelar pada hari minggu (21/09/15).

RSUD Ujungberung mencatat jumlah pasien keracunan massal mencapai sebanyak 178 orang, satu diantaranya meninggal dunia bernama Asep Ruhiyat (51) Warga Cipadung Kulon, Ujungberung.

Untuk sampai saat ini terdata 7 orang pasien keracunan sudah bisa meninggalkan rumah sakit sedangkan untuk 50 orang lebih lagi masih membutuhkan perwatan khusus di RSUD Ujungberung.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil menetapkan kejadian keracunan massal ini sebagai kejadian luar biasa. Walikota Bandung Ridwan kamil juga menambahkan bahwa pemerintah kota Bandung akan menggratiskan semua biaya perwatan pasien keracunan massla. "Kita sudah tetapkan sebagai kejadian luar biasa, jadi biaya perawatan RSUD insya Allah kita gratiskan," ucap Walikota yang akrab disapa kang Emil.

Keracunan massal yang dialami warga Ujungberung ini belum diketahui pasti penyebabnya, Walikota Bandung mengatakan bahwa untuk penyebab keracunan masih dalam penyelidikan tim ahli laboratorium. "Belum diketahui pasti penyebabnya dari air atau makanan, kita harap tidak terulang lagi, jadi kami himbau untuk masyarakat Kota Bandung untuk berhati-hati menjaga higenitas makanan," jelas Walikota Bandung.

Disinggung banyak pasien korban keracunan massal yang dirawat dilorong-lorong rumah sakit, Walikota Bandung berpendapat kapasitas tidak mencukupi dikarenakan pasien datang diwaktu bersamaan dengan jumlah yang banyak. Walikota juga berpendapat penanganan RSUD Ujungberung sudah cukup baik dan profesional. "Untuk itu kenapa pemkot bandung akan membangun RSUD baru, tanah sedang disiapkan dibeli, mudah-mudahan dalam jangka 2 tahun kota Bandung akan memiliki rumah sakit lagi dengan kapasitas lebih besar dua kali lipat yang berolakasi di Bandung Timur," jelas Ridwan Kamil.

Sebelum menjenguk korban keracunan massal yang dirawat RSUD Ujungberung, Walikota Bandung juga menyempatkan diri bersilaturahmi ke rumah Asep Ruhiyat (51) salah satu korban meninggal keracunan massal di jalan Sindang Sari Cipadung Kulon. Walikota Bandung menyampaikan langsung belasungkawa turut berduka cita atas musibah yang menimpa keluarga Asep Ruhiyat.

Tak hanya Asep Ruhiyat, Istrinya, Yani Suryani (45) beserta putranya, Putra (6) juga mengalami keracunan massal. Asep Ruhiyat meninggalkan 4 orang anak, 3 diantara masih dalam status bersekolah. untuk itu Walikota Bandung memberikan santunan sekolah gratis kepada anak-anak yang ditinggalkan Asep Ruhiyat. (cep/al)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama