» »Unlabelled » Pemkot Bandung-LPTT Ujicobakan Biodigister Pasar Gedebage

BANDUNG - Kepala BPLH Kota Bandung, Hikmat Ginanjar bersama Kepala PD Pasar Kota Bandung, Rinal Siswandi dan Ketua Lembaga Penerapan Teknologi Tepat (LPTT), Rohadjie meresmikan Biodigister Pasar Gedebage, Kota Bandung, Rabu (23/09/15).

Peresmian Biodigister Pasar Gedebage ini dilakukan secara simbolis dengan pengguntingan pita dilanjutkan dengan pengenalan proses sistem kerja biodigister dalam pengolahan sampah menjadi bahan bakar gas.

Ketua LPTT, Rohardji mengatakan limbah pasar yang dihasilkan pasar Gedebage mencapai 10 ton perharinya, sedangkan biodigister ini secara maksimal hanya mampu mengolah sampah sebanyak 2 ton perhari nya.

"Jadi Biodigister ini baru menjadi proyek awal ujicoba pengolahan sampah, bila berhasil kedepannya diharapkan mampu mengolah semua limbah pasar Gedebage," jelasnya dalam sambutan peresmian Biodigister.

Biogister hasil kerjasama Pemerintah Kota Bandung, PD Pasar Kota Bandung dan LPTT ini menjadi percobaan awal dalam ujicoba pengolahan sampah organik guna meminimalisir limbah sampah yang dihasilkan pasar Gedebage.

Dari sampah organik yang diolah nanti akan menghasilkan gas metan dan slurry setelah berbagai macam proses pengelolahan. "Gas yang dihasilkan biodigister ini nanti dapat digunakan para pelaku pasar untuk keperluan listrik ataupun kompor," jelas ketua LPTT, Rohardjie.

Sedangkan untuk slurry (ampas biogas) bisa dijadikan sebagai media tanaman hidroponik dan pupuk cair yang nantinya akan dipasarkan kepada petani dan penjual tanaman hias.

Proyek Pengolahan Sampah Organik Perkotaan (OSATA) ini merupakan proyek pengolahan sampah menjadi gas pertama kali di Indonesia, khususnya dalam skala pengelolaan limbah sampah pasar. Selain mampu mengelola sampah yang menumpuk, Biodigister juga diharapkan mampu mengurangi volume pembuangan sampah ke TPA. (cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama