» » Pelatihan Menghafal Al-Qur’an – Kampoeng Qur’an TahfizhCamp

BISMILLAH. Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpah kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan ihsan. Sebagian kaum Muslimin ternyata masih banyak yang belum memahami mengapa mereka perlu untuk menghafal Al-Qur'an.

Bahkan ada yang mengatakan, "mengapa kita bangga dengan anak-anak yang hafal Qur'an yang notabene bukan bahasa kita? bukankah lebih baik mengajarkan mereka membaca terjemahannya agar bisa menerapkan nilai luhur di dalamnya?"

Perkataan ini keluar tentu karena ketidak-pahaman mengenai keutamaan dan urgensi menghafal Al-Qur'an. Orang tersebut juga tidak memahami keutamaan Al-Qur'an serta bagaimana cara mempelajari Al-Qur'an, sehingga ia merasa cukup dengan terjemahan Al-Qur'an saja dalam mempelajari Al-Qur'an.

Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami pula yang akan benar-benar memeliharanya. (QS Al-Hijr [15]: 9)

Al-Qur'an merupakan satu-satunya kitab suci di muka bumi ini yang terjaga, baik secara lafadz dan isinya. Sebagaimana ayat di atas, hal ini merupakan janji Allah SWT yang akan selalu menjaganya sampa hari kiamat.

Salah satu penjagaan Allah SWT terhadap Al-Qur'an adalah dengan memuliakan para penghafalnya. Rasulullah saw bersabda, "Penghafal Al-Qur'an akan datang pada hari kiamat, kemudian Al-Qur'an akan berkata: 'Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia.' Kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). Al-Qur'an kembali meminta: 'Wahai Tuhanku tambahkanlah.' Maka, orang itu dipakaikan jubah karamah. Kemudian Al-Qur'an memohon lagi: 'Wahai Tuhanku, ridhailah dia.' Maka Allah SWT meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu: 'Bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga).' Dan Allah SWT menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan.'" (HR Tirmidzi dar Abu Hurairah).

Selain sebagai penjagaan umat Islam terhadap kitab sucinya, menghafal Al-Qur'an merupakan identitas dan kebutuhan setiap muslim. Hal tersebut karena Al-Qur'an adalah jalan hidup setiap muslim. Tanpa adanya hafalan Al-Qur'an, seseorang tidak akan pernah tahu apa yang diperintahkan dan dilarang oleh agama, jiwanya tidak akan pernah terisi oleh ruh ajaran agama. Rasulullah saw bersabda, "Orang yang tidak mempunyai hafalan Al-Qur'an sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh." (HR Tirmidzi).

Menghafal Al-Qur'an baiknya tidak hanya lafadznya, namun harus diiringi dengan pemahaman dan pengamalan. Imam Malik dalam kitabnya Al-Muwatha menceritakan bahwa Ibnu Umar membutuhkan bertahun-tahun— malah ada yang mengatakan delapan tahun lamanya —hanya untuk menghafal surat Al-Baqarah. Hal ini menunjukkan bahwa para sahabat benar-benar mempelajari dan mengamalkan Al-Qur'an. Allah SWT berfirman, "Janganlah engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca Al-Qur'an) karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya." (QS Al- Qiyamah [75]:16).

Mengenai sebab turunnya ayat tersebut, Imam Bukhari mengeluarkan hadits dari Ibnu Abbas ra yang berkata bahwa setiap turun wahyu, Rasulullah saw suka menggerak-gerakkan lisannya dengan maksud ingin cepat menghafalnya. Kemudian, Allah SWT menurunkan ayat tersebut. Tentunya, melafadzkan Al-Qur'an saja sudah mendapatkan pahala, apalagi diiringi dengan hafalan, pemahaman dan pengamalan.


Kampoeng Qur'an Cendekia membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin belajar menghafal al-qur'an. Dengan metode menghafal Al-Qur'an yang bisa diikuti oleh siapapun bahkan bagi yang belum lancar membaca Al-Qur'an sekalipun.

Pelatihan Menghafal Al-Qur'an - KQC TahfizhCamp
Pelatihan Menghafal Al-Qur'an – KQC TahfizhCamp


KAMPOENG QUR'AN TAHFIZHCAMP

Pelatihan Menghafal Al-Qur'an

Telah Dibuka Pendaftaran Program Pelatihan Menghafal Al-Qur'an
– Kampoeng Qur'an TahfizhCamp –

Pelatihan ini terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar membaca dan menghafal Qur'an (siswa, mahasiswa, profesional, karyawan, ibu rumah tangga, dll)

> Materi Utama
– Tahfidz Al-Qur'an
– Kandungan Al-Qur'an
– Motivasi Al-Qur'an
– Ma'rifatullah (mengenal Allah dengan Al-Qur'an)

> Materi Pembiasaan
– Sholat Fardhu berjamaah
– Sholat Tahajud
– Sholat Dhuha
– Tilawah Al-Qur'an
– Dzikir pagi dan petang

> Waktu Pelaksanaan
– Jum'at – Minggu
– Bulan Desember 2015:
Tgl. 4 – 6 (kelas Ikhwan)
Tgl. 11 – 13 (kelas Akhwat)
Tgl. 18 – 20 ( kelas Ikhwan)
Tgl. 25 – 27 (kelas Akhwat)

> Fasilitas
– Asrama Asri dan Alami
– Makan Sehat dan Halal
– Al-Qur'an Hafalan Tikrar
– Al-Matsurat
– Kaos & Syal KQC

> Infaq: Rp. 500.000

> Tata Cara Pendaftaran
– Bulatkan Tekad dan Niat
– Lakukan pembayaran infaq ke
Bank Syariah Mandiri
No. Rekening: 7076644734
Atas Nama Kampoeng Qur'an Cendekia
– Isi Formulir pendaftaran ~> http://j.mp/tahfizhcamp
– Tunggu konfirmasi jadual pelatihan dari kami

Tersedia Ikatan Dinas/Beasiswa Sekolah bagi peserta terbaik

DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA! KAMI ATUR JADWAL SAHABAT

Pendaftaran TahfizhCamp

Note: Peserta terdaftar akan diurutkan berdasarkan jenis kelamin dan jumlah maksimal peserta untuk setiap waktu pelatihan. Waktu pelaksanaan bagi setiap peserta akan dihubungi melalui SMS/WA/Tlp dan di informasikan melalui website KampoengQuran.or.id

Jika sahabat merasa informasi ini bermanfaat silahkan bagikan informasi ini kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan informasi ini. Semoga apa yang sahabat lakukan menjadi suatu kebaikan yang di catat oleh Allah SWT. Jazakumullah.

(al/kampoengquran.or.id)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama