» » » Monitoring Room Dikunjungi Siswa Wakil Cimahi Pada OSN

Ruang monitor tersebut memuat berbagai fungsi, antara lain memantau kondisi lalu lintas melalui kamera CCTV di 19 titik yang terintegrasi dengan Dinas Perhubungan  (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi.

BANDUNGWEBS.COM - Monitoring Room 'Smart City Cimahi' milik Pemkot Cimahi mendapat kunjungan pelajar tingkat SMP di gedung A kompleks Pemkot Cimahi Jln. Rd. Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Mereka ingin melihat penerapan teknologi pada ruang operasional tersebut dan pemanfaatannya untuk pengambilan kebijakan.

Para siswa sebanyak 9 orang berasal dari 9 sekolah. Mereka merupakan wakil Kota Cimahi untuk mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP 2016 tingkat Provinsi Jabar.

Ruang monitor tersebut memuat berbagai fungsi, antara lain memantau kondisi lalu lintas melalui kamera CCTV di 19 titik yang terintegrasi dengan Dinas Perhubungan  (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi.

Yang jadi andalan di ruangan tersebut yaitu penyelenggaraan fungsi koordinasi secara vertikal maupun horizontal yang didukung penggunaan teknologi dengan aplikasi e-reporting. Sehingga seluruh jajaran SKPD akan mendapat dukungan dalam pengambilan keputusan dan tindakan, dengan ketersediaan informasi yang lengkap, terkini, akurat dan komprehensif.

Ke depannya, diharapkan Monitoring Room Smart City menjadi pusat kendali jajaran Pemkot Cimahi. Bisa menjadi dasar kepala daerah dalam pengambilan keputusan dan tindakan yang strategis untuk kepentingan masyarakat.

Para siswa terkesan dengan fungsi ruangan tersebut. Mereka bergantian mengoperasikan sambil mengabadikan lewat foto di kamera ponsel.

Salah satu peserta asal SPMN 1 Cimahi, Aira Thalca Avila Putra (14) mengaku senang bisa melihat ruang monitoring room milik Pemkot Cimahi. "Teknologinya kayaknya udah lumayan maju, enggak kalah sama kota lain," ujarnya.

Hasil pemantauan di ruang tersebut, lanjut Aira, mestinya bisa dimanfaatkan secara optimal oleh jajaran pemerintahan. "Seperti ada macet bisa kelihatan, bisa dibuat kebijakan cepat biar macet terurai," katanya.

Ketua Kontingen OSN Tingkat SMP Kota Cimahi Iwan Irawan mengatakan, para siswa akan berlomba pada ajang besar dan bertemu siswa dari daerah lain di Jabar. "Tentunya, mereka sekaligus menjadi Duta Cimahi dan memperkenalkan kotanya kepada teman-teman lain se-Provinsi Jabar. Pengetahuan akan kotanya akan menumbuhkan kecintaan terhadap Kota Cimahi sehingga saat mereka ikut OSN benar-benar untuk membela daerahnya," tuturnya. (RR)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama