» » Wagub Pimpin Upacara Hari Otda di Gedung Sate

BANDUNGWEBS.COM - -Di Bandung, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memimpin Apel Pagi sekaligus Upacara Peringatan Hari Otda ke XX Tahun 2016 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Halaman Gedung Sate, Senin (25/4).

Pada upacara Hari Otda ini, Wagub menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo yang menekankan 3 (tiga) hal utama dalam peringatan Hari Otda Tahun 2016 ini, sesuai dengan temanya "Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean."

"Pertama, Otonomi Daerah yang telah menjadi komitmen dan konsensus para pendiri bangsa Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing daerah dan pengembangan demokrasi lokal" papar Wagub dalam sambutannya.

Kedua, melalui MEA pemerintah pusat meminta pemerintah daerah harus kembali menata seluruh elemen otonomi daerah, agar Indonesia tidak menjadi penonton dalam era persaingan bebas tersebut. Karena di era MEA tersebut diberlakukan 5 arus bebas dalam aktivitas ekonomi antar-negara Asean, yaitu: (1) arus bebas barang, (2) arus bebas jasa, (3) arus bebas tenaga kerja, (4) arus bebas modal dan (5) arus bebas investasi.
Ketiga, melalui otonomi daerah Indonesia diharapkan tak akan kalah bersaing dengan negara-negara yang berada di lingkungan Asean lainnya.

Selain itu, saat ini terdapat 42.633 Peraturan Perundang-undangan yang tumpang tindih dan 3.000 Peraturan Daerah yang harus dibatalkan Tahun 2016. Untuk itu, pemerintah daerah bersama DPRD diminta untuk segera menindaklanjuti Pembatalan Peraturan Daerah yang ada di daerahnya masing-masing, khususnya Perda yang menghambat investasi dan perizinan, serta yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. (Cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama