» » Kota Bandung Pertahankan Piala Adipura

BANDUNGWEBS.COM - Prestasi membanggakan kembali diperoleh masyarakat Kota Bandung dengan dipersembahkannya dua jenis penghargaan diraih dalam dua hari berturut-turut.

Kota Bandung berhasil mempertahankan gelar prestisius yang telah didamba sejak lama, dengan diraihnya kembali Piala Adipura yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, kepada Wali Kota Bandung, Mochamad Ridwan Kamil.

Penyerahan Piala Adipura Kirana tersebut diserahkan saat pembukaan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tingkat Nasional tahun 2016, di Lapangan Depan Istana Siak, Jl. Sultan Syarif Kasim, Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (22/07/2016)

Ridwan mengucapkan rasa syukurnya karena berkat kerjasama dan dukungan seluruh komponen masyarakat predikat kota Adipura bisa dipertahankan,"Alhamdulillah Kota Bandung mendapatkan Adipura Kirana, piala kedua untuk Adipura ini menandakan perubahan dan konsistensi terus dilakukan dan ini adalah kerja keras semua orang dari mulai petugas sampah, RT, RW, lurah, camat, SKPD, BPLH, PD. Kebersihan dan seluruh warga Bandung,"

"Mudah mudahan etos kerja dan pembiasaan bersih lingkungan ini menjadi budaya, ada atau tidak ada adipura kita harus tunjukkan kebersihan adalah kebudayaan Kota Bandung, dan tunjukan setiap hari kita tunjukan memperbaiki kekurangan-kekurangan, dan mudah mudahan tahun depan dapat lagi," harap Ridwan.

Adipura Kirana merupakan penghargaan yang penilaiannya dititik beratkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism and investment yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup.

Selain Piala Adipura Kirana diperoleh Kota Bandung, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Bandung memperoleh penghargaan piala Adiwiyata Mandiri

Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Penilaian Adiwiyata didasarkan pada 4 kriteria, yakni; pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

Dalam kesempatan itu Wapres RI mengatakan diberikannya Adipura adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap kota-kota terpilih yang telah berhasil menjaga keseimbangan dan kelangsungan lingkungan,

"Terlebih kita berikan penghargaan kepada para para pejabat-pejabat gubernur, walikota dan bupati yang telah memberikan kebijakan dan langkah-langkah yang baik dalam mengelola lingkungan yang berkelanjutan, sehingga kita berikan Adipura pada Kota-kota yang nyaman dan bersih, penghargaan itu bukan hanya untuk hari ini saja tapi harus dijaga martabat penghargaan itu," kata Jusuf Kalla

Kedua penghargaan tersebut diberikan tepat sehari usai Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo diberikan penghargaan Satyalancana Pembangunan saat puncak peringatan Hari Koperasi ke-69 dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. (Cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama