» » Pelestarian DAS Citarum Tanggung Jawab Bersama

BANDUNGWEBS.COM - Asisten Teritorial Kasdam III/Slw Kolonel Inf Dian Herdiana pimpin diskusi Citarum Bestari  di Aula Manunggal Denmadam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Bandung, Kamis (21/7).

Kodam III/Slw secara umum mendukung program pemerintah daerah dalam mewujudkan kelestarian alam dan lingkungan melalui program citarum bestari (Bersih, Sehat, Indah dan Lestari).

Dian Herdiana mengatakan, penanganan citarum merupakan tanggung jawab bersama sehingga diharapkan seluruh elemen masyarakat ikut berperan aktif mendukung dan berpartisipasi untuk mengembalikan serta menciptakan kembali daerah aliran sungai citarum yang bersih dan asri.

Kapendam III/Slw Letkol Arh MD Ariyanto menambahkan tidak ada kata terlambat untuk berbuat kebaikan karena sekecil apapun bentuknya adalah merupakan ibadah yang diaplikasikan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi kesungai yang dapat mengakibatkan fatal terjadinya bahaya bencana banjir. Dengan adanya citarum bestari diharapkan dapat mengembalikan kembali lahan kritis menjadi lahan produktif yang dapat berfungsi kembali sebagai unsur pendukung produksi pertanian yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi petani di sekitar daerah aliran sungai, ujarnya.

Untuk mewujudkan harapan itu perlu partisipasi seluruh elemen masyarakat terurama bagi warga sekitar daerah aliran sungai citarum yang selalu terkena dampak dari luapan air sungai dengan berpedoman kepada jangan menebang pohon sembarangan, jangan membuang limbah industri ke sungai, jangan membuang limbah ternak ke sungai dan jangan membuang limbah rumah tangga ke sungai serta jangan membuang sampah ke sungai yang dapat mencemari sungai dan membahayakan kita semua.

Diskusi dihadiri oleh  Staf Ahli Pangdam III/Slw, Dandim 0618/BS, Dandim 0609/Cimahi, Prof. Dr. Indratmo.S, Kepala BPLHD Prov. Jabar, Kepala Perum Perhutani, Kepala BPDAS Citarum dan para undangan lainnya. (Cep/Ly)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama