» » Sekda Buka Acara Sosialisasi Kadaster Berlisensi

BANDUNGWEBS.COM - Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto Membuka Acara Sosialisasi dan Workshop Profesi Surveyor dan Kadaster Berlisensi, di Gedung Bulog Graha Sativa, Sabtu (21/1/2017).

Kebutuhan akan tenaga asisten surveyor kadester berlisensi yang dibutuhkan tahun 2017 ini diperkirakan sebanyak 3 ribu orang. Mereka dibutuhkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk mendukung jalannya program dan pembangunan yang direncanakan pemerintah. Rata-rata yang dibutuhkan berlisensi Diploma 1 (D1).




Sehingga diadakanlah sosialisasi dan workshop tersebut yang digagas oleh BKM Vokasi Budi Karya mandiri. Kegiatan ini diikuti tidak kurang dari 500 orang peserta.

Dalam sambutannya Yossi menyampaikan, persoalan ketenagakerjaan di kota bandung merupakan salah satu persoalan yang perlu dituntaskan. Selain pasar kerja yang relatif terbatas, juga akses informasi yang sulit serta keahlian pencari kerja yang kurang sesuai kebutuhan penyedia kerja. 

"Oleh karena itu, seiring dengan upaya perluasan kesempatan kerja di sektor formal, pemerintah akan tetap konsisten dengan perluasan kesempatan di sektor informal. Sehingga sebagai masyarakat yang pintar kita harus memiliki keahlian tidak hanya satu saja. Hal ini dikarenakan dengan kriteria yang cukup beragam dalam seleleksi di berbagai perusahaan,"jelas Yossi.

Menurutnya, dengan konsistensi perluasan kesempatan kerja diperlukan penyiapan SDM yang siap kerja, baik melalui pendidikan maupun berbagai pelatihan keterampilan kerja. 

"Alhamdulilah upaya ini didukung dunia usaha, masyarakat dan lemabaga pendidikan. Contohnya sosialisasi dan workshop ini, masyarakat diberikan pengetahuan mengenai profesi surveyor dan kadester berlisensi. Ilmu ini perlu diberikan karena pengetahuan itu penting dalam kehidupan. Semakin banyak ilmu yang didapat semakin banyak pula pengalaman kita,"jelasnya.

Yossi mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan workshop profesi surveyor dan asisten surveyor kadaster berlisensi saat ini, "Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa meningkatkan kapasitas SDM peserta sehingga dapat menunjang kompetensinya sebagai tenaga surveyor kadester berlisensi yang handal,"tegas Yossi.

Ia berharap dengan kegiatan ini seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik.  "Saya atas nama pemerintah kota bandung mengucapkan terima kasih. Semoga kegiatan inu menjadi agenda rutin dan semakin baik pelaksanaannya, sehingga menjadi daya dorong bahkan sumber inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya,"pungkas Yossi.

Adapun pembicara pada acara workshop dan sosialisasi ini, antara lain Kasubdit Pemetaan Dasar dan Pembinaan Surveyor Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasionak Herjon C. M. Panggabean, Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Ikatan Surveyor Indonesia Harto Widodo dan Sekretaris Jendral APSPIG Djumawan Idik Wangsaatmadja. (cep)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama